Kudus (ANTARA) - Kepolisian Resor Kudus, Jawa Tengah, menyiapkan pelayanan vaksinasi COVID-19 di dua pos pengamanan (pospam) Lebaran 2022 dengan menyediakan 1.426 dosis vaksin untuk melayani vaksinasi para pemudik maupun masyarakat.

"Jumlah vaksin sebanyak itu terdiri atas 170 dosis Astrazeneca, 786 dosis Pfizer, dan 470 dosis Moderna," kata Kasi Dokter Kesehatan (Dokkes) Polres Kudus Eni Puji Utami di Kudus, Kamis.

Pelayanan vaksinasi dilayani di Pospam Terminal Induk Jati Kudus dan Simpang Tujuh Kudus.

Baca juga: Pospam Lebaran di Kudus dilengkapi fasilitas vaksinasi COVID-19

Sejak dibuka pelayanan vaksinasi mulai Selasa (26/4), pihaknya sudah menyuntikkan 39 dosis vaksin kepada masyarakat yang memanfaatkan layanan vaksinasi di pospam tersebut.

"Warga yang memanfaatkan masih warga sekitar dan belum ada pemudik," ujarnya.

Untuk melayani pemudik yang dimungkinkan memanfaatkan layanan tersebut, maka petugas vaksinasi dibagi dua sif jaga. Pagi hari dimulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 12.30 WIB, sedangkan sif malam mulai pukul 19.30 WIB hingga pukul 21.00 WIB.

Baca juga: Pemkab Kudus perbolehkan masyarakat gelar tradisi Syawalan

Anggota Dokkes Polres Kudus Aiptu Baihaqi menjelaskan pelayanan vaksin untuk para pemudik tidak terbatas vaksin ketiga atau penguat, melainkan bisa melayani dosis pertama maupun kedua. Sebelum vaksin, pemudik yang datang akan diperiksa kondisi kesehatannya sebelum divaksin. Setelah dinyatakan sehat bisa divaksin.

Selain memberikan layanan vaksin, juga disiagakan empat unit mobil ambulans gratis, baik dari Polres Kudus, PMI Kudus, Puskesmas Jati maupun BPBD Kudus.

‎Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Andini Aridewi menambahkan selain di pospam, pada saat libur Lebaran tanggal 2-3 Mei 2022‎ pelayanan vaksinasi juga disediakan di dua rumah sakit dan empat klinik mulai pukul 08.00-10.00 WIB.

Baca juga: Kudus genjot vaksinasi malam hari dengan menyasar jamaah Tarawih

Rumah sakit dan klinik itu yakni Rumah Sakit Mardi Rahayu, RSIA Miriam, Klinik Pratama Mardi Utama, Klinik Pratama Mardi Waluyo, dan Klinik Pratama Mardi Santoso. Sedangkan pada tanggal ‎4-7 Mei 2022 dibuka di semua puskesmas, rumah sakit, Klinik Muhammadiyah As-syifa, dan Klinik Utama Buah Hati.

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022