Tangerang (ANTARA) - Kepolisian berencana mengalihkan lalu lintas kendaraan yang mengarah ke Gerbang Tol Cikupa menuju Pelabuhan Merak, Banten, saat puncak arus mudik yang diperkirakan terjadi pada Jumat (29/4) sampai Minggu (1/5).

"Kami melihat situasinya. Kendaraan bisa saja dialihkan ke beberapa jalur arteri. Tentu kami akan berkoordinasi dengan Korlantas Mabes Polri dan Polda Banten," ujar Wakasatlantas Polres Tangerang yang juga Kepala Pos Pengamanan Gerbang Tol Cikupa AKP I Made Artana di Gerbang Tol Cikupa, Tangerang, Kamis.

Menurut dia, jika kendaraan sudah menumpuk di Gerbang Tol Cikupa, maka polisi akan mengarahkan kendaraan lain ke jalur arteri Jalan Raya Serang, Banten.

Dari sana, kendaraan diteruskan masuk Gerbang Tol Balaraja Barat atau Gerbang Tol Balaraja Timur.

"Tentu semua kebijakan itu didasarkan pada komunikasi intens antarsatuan," tutur I Made Artana.

Sementara pada Kamis (28/4) atau H-4 Lebaran, arus lalu lintas di Gerbang Tol Cikupa masih normal, meski ada antrean sekitar satu kilometer.

Polisi akan menutup empat gardu jika terjadi kepadatan kendaraan di Pelabuhan Merak, Cilegon, Tangerang.

Pemantauan semakin diintensifkan karena pihak kepolisian menyebut bahwa kuantitas kendaraan semakin banyak menjelang dimulainya cuti bersama pada Jumat (29/4).

"Kami mengantisipasi dimulainya libur bersama pada 29 April ini. Jumlah kendaraan memang semakin padat sejak Rabu (27/4)," kata I Made Artana.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2022