Pramuka IPB gelar kemah riset ketahanan pangan

Pramuka IPB gelar kemah riset ketahanan pangan

Institut Pertanian Bogor (istimewa)

Bogor (ANTARA News) - Unit Kegiatan Mahasiswa Pramuka Institut Pertanian Bogor menggelar kemah riset yang dikaitkan dengan kepedulian pada masalah ketahanan pangan.

Ketua pelaksana kegiatan Muhamad Andi Suwito di Bogor, Rabu menjelaskan bahwa acara bertema "Wujud Nyata Kepedulian Pramuka terhadap Ketahanan Pangan Nasional" itu merupakan bentuk kepedulian UKM Pramuka IPB dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional.

Menurut dia, kegiatan yang berlangsung 14-17 November 2011 itu mengundang sebanyak 26 sekolah menengah atas (SMA) dari seluruh Indonesia.

Ia menjelaskan, selain memberikan pengetahuan metode ilmiah atau karya tulis yang benar dalam menyusun penelitian, kegiatan itu diharapkan meningkatkan keterampilan peserta untuk memecahkan masalah krisis pangan.

Kegiatan itu, katanya, dirancang dalam bentuk yang menarik dan mendidik sebagai salah satu upaya memandu generasi muda demi tercapainya misi memajukan pertanian Indonesia.

"Kami berusaha membantu dan mengenalkan pertanian secara ilmiah yang dibalut dengan serangkaian kegiatan berbasis kompetisi keilmiahan," kata Andi Suwito, mahasiswa Departemen Manajemen Kehutanan, Fakultas Kehutanan IPB ini.

Setelah mengikuti kegiatan tersebut, kata dia, diharapkan Pramuka penegak yang berpangkalan di sekolahnya masing-masing dapat memberikan kontribusi yang nyata terhadap kemajuan pertanian Indonesia.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB Prof Yonny Koesmaryono mengatakan, kegiatan kemah riset itu diharapkan tidak sekadar kompetisi, tetapi juga silaturahmi Pramuka penegak Indonesia.

"Di sini anggota Pramuka penegak dapat mengenal IPB lebih dekat. Kami berharap adik-adik memiliki mimpi untuk melanjutkan kuliah di IPB," katanya.

Menurut dia, walaupun kelak tidak masuk IPB, diharapkan pengetahuan yang diperoleh selama kegiatan itu dapat menjadi bekal adik-adik sebagai seorang peneliti.

"Dan kami sangat berharap adik-adik menjaga semangat meneliti agar tidak luntur," katanya.

Sedangkan pembina UKM Pramuka IPB drh FadjarSatrija, M.Sc. Ph.D menambahkan, kegiatan utama kemah riset tersebut antara lain kompetisi proposal penelitian di bidang pertanian dan pangan.

Di samping itu, juga kompetisi karya tulis ilmiah remaja, kuliah pembekalan riset dan penulisan karya ilmiah, riset ketahanan pangan, serta dialog nasional.

Untuk kegiatan tambahan di antaranya "fun touring" ke istana presiden dan Kebun Raya Bogor, pentas seni budaya, pemutaran film, dan "campus tour".

(ANT-053/A035)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Komentar