Hal itu akhirnya akan membuka jalan bagi kemandirian sehingga anak bertalenta khusus itu bisa ikut menyumbang bagi kemajuan kehidupan berbangsa
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan pihaknya akan memberikan dukungan terhadap anak-anak bertalenta khusus/disabilitas intelektual untuk berwirausaha melalui pelatihan kerja dan pemasaran produk usaha.

Hal ini sampaikan usai menerima kunjungan Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Special Olympics Indonesia (SOIna) Warsito Ellwein bersama panitia pelaksana Pekan Special Olympic Nasional (Pesonas) 2022 di kantor kerjanya, Gedung Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta.

“Kami belum punya program khusus bagi disabilitas intelektual, tapi dukungan setidaknya bisa dimulai dengan kolaborasi dalam program-program yang telah ada dalam di kementerian kami,” ujarnya melalui keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Kamis.

Selain bakal memberikan bantuan pemasaran dan pelatihan kerja, Kementerian Koperasi dan UKM disebut membuka kesempatan melalui pameran produk sebagai sarana memamerkan produk buatan kelompok disabilitas intelektual.

Dia juga mendukung upaya pembukaan lapangan kerja untuk anak-anak bertalenta khusus agar bisa menjadi mandiri melalui hasil usaha mereka.

“Sejauh ini, secara mandiri beberapa keluarga telah mencoba membimbing anak disabilitas intelektual untuk berwirausaha seperti melukis, memasak, membatik, membuat kerajinan dan lain-lain. Namun sejauh ini hal itu masih belum banyak membantu bagi keberadaan anak bertalenta khusus yang diperkirakan mencapai lima juta jiwa di Indonesia,” katanya dalam keterangan resmi tersebut.

Dengan demikian, pemerintah diharapkan memberikan dukungan seperti pelatihan, permodalan, dan, pemasaran hasil sehingga kualitas produk kian meningkat.

“Hal itu akhirnya akan membuka jalan bagi kemandirian sehingga anak bertalenta khusus itu bisa ikut menyumbang bagi kemajuan kehidupan berbangsa,” ungkap dia.

Baca juga: Stafsus Presiden dorong DIY kembangkan UMKM penyandang disabilitas
Baca juga: Bapemperda DPRD DKI minta pasal pemenuhan hak disabilitas dipertajam
Baca juga: Menkop UKM dorong produk denim asli Bandung bangkit seperti dulu

 

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022