bus yang tersedia sebanyak 100 unit
Tangerang (ANTARA) - Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan kuota peserta mudik gratis bertambah dari yang awalnya 1.200 orang menjadi 3.000 orang karena antusias yang tinggi.

"Karena antusiasme masyarakat yang tinggi, dari yang semula hanya 1.200 orang, ditambah menjadi 3.000 orang," kata Wali Kota Arief dalam acara Pelepasan Mudik Gratis Angkutan Lebaran Tahun 2022 di Terminal Poris Plawad, Cipondoh, Kamis.

Ia mengatakan kegiatan mudik gratis ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Angkutan Darat Kementerian Perhubungan. Pendaftaran dilakukan secara online sejak beberapa waktu lalu

Wali Kota menyampaikan terima kasihnya kepada jajaran Kementerian Perhubungan yang telah memfasilitasi masyarakat Kota Tangerang untuk mudik ke kampung halaman pada momen lebaran 2022.

"Kota Tangerang mendapatkan perhatian dengan penambahan kuota pemudik yang bisa ikut mudik gratis," katanya.

Baca juga: Menhub minta kementerian-lembaga dan swasta sediakan mudik gratis
Baca juga: Taspen sediakan 12 bus mudik gratis dengan rute enam kota di Jawa

Wali Kota sempat berdialog dengan sejumlah peserta mudik gratis yang akan menuju Solo, Jawa Tengah dan memimpin doa agar seluruh pemudik diberikan keselamatan dalam perjalanan.

"Saya doain selamat sampai kampung halaman, salam untuk keluarga di kampung," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Angkutan Jalan Dirjen Perhubungan Darat Tatan Rustandi menjelaskan program mudik gratis diselenggarakan sebagai upaya untuk menekan angka kecelakaan dan kemacetan yang kerap terjadi pada momen Lebaran.

Pada tahun 2022, program mudik gratis diselenggarakan dengan total peserta sebanyak 20.580 orang dan 22 kota tujuan mudik, selain itu juga sebanyak 1.920 kendaraan roda dua diangkut dengan menggunakan truk.

"Untuk di Kota Tangerang diikuti 3.000 orang dengan bus yang tersedia sebanyak 100 unit," kata Tatan.

Baca juga: Gubernur Sulsel lepas mudik gratis libatkan 20 kendaraan angkut

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022