Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo mengaku telah berbicara dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dari Jakarta, Rabu (27/4), dan menegaskan dukungan Indonesia terhadap upaya perundingan perdamaian.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi dalam cuitannya melalui akun Twitter @jokowi, yang dipantau di Jakarta, Kamis.

"Kemarin saya berbicara dengan Presiden @ZelenskyyUa dari Ukraina," tulis Presiden Jokowi dalam akun Twitternya.

Baca juga: Zelenskyy sebut Indonesia mengundangnya hadir di KTT G20 Bali

Presiden Jokowi tidak menyebutkan apakah dirinya dan Zelensky berbicara melalui sambungan telepon/panggilan video, pesan singkat, atau media lainnya.

Namun Presiden Jokowi mengatakan dalam kesempatan tersebut dirinya menegaskan dukungan Indonesia terhadap segala upaya agar perundingan perdamaian berhasil, dan siap memberikan bantuan kemanusiaan.

Sementara itu secara terpisah, Presiden Ukraina Zelensky melalui akun Twitternya @ZelenskyyUa juga menyampaikan bahwa dirinya berbincang dengan Presiden Jokowi.

Baca juga: Putin setuju PBB, Palang Merah bantu evakuasi warga sipil di Mariupol

Zelensky dalam cuitannya menyampaikan terima kasih atas dukungan kedaulatan dan integritas teritorial, khususnya untuk posisi jelas di PBB.

Dia juga menyebut isu ketahanan pangan menjadi pembahasan antara dirinya dengan Presiden Jokowi. Dia berterima kasih kepada Presiden Jokowi karena telah mengundang dirinya ke pertemuan puncak G20.

Keseluruhan pernyataan Zelensky itu belum dapat dipastikan kebenarannya, sebab Presiden Jokowi dalam cuitannya tidak menyebutkan tentang dukungan kedaulatan terhadap negara manapun, soal integritas teritorial maupun soal mengundang Zelensky ke pertemuan G20.

Baca juga: Sekjen PBB desak gencatan senjata di Ukraina

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2022