berharap kolaborasi ini dapat saling melengkapi
Jakarta (ANTARA) - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi DKI Jakarta PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (PJAA) mengembangkan pariwisata seperti Taman Impian Jaya Ancol hingga ke dua kota di Sulawesi Utara yakni Kota Bitung dan Tomohon Sulawesi Utara (Sulut).

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dalam keterangannya di Jakarta, Kamis, menyambut baik upaya menciptakan kolaborasi di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan pemerintahan lainnya di Indonesia tersebut.

Riza menilai kolaborasi itu merupakan salah satu bentuk sinergi antar-BUMD dengan pemerintah kota lainnya dalam rangka mendukung kebangkitan pariwisata Indonesia di masa pandemi.

"Kehadiran Ancol Group di Sulawesi Utara, khususnya di Kota Tomohon, pastinya akan menambah pengalaman kolaborasi Jakarta dengan pemerintah lainnya. Semoga semakin menguatkan Jakarta sebagai Kota Kolaborasi," kata Riza usai menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman antara Ancol dan Kota Tomohon secara luring di Candi Bentar Putri Duyung Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.

Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan oleh Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (PJAA) Teuku Sahir Syahali dan Wali Kota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk pada Rabu (27/4).

Baca juga: Ancol-Telkomsel jalin kolaborasi guna tingkatkan jumlah pengunjung

Sedangkan penandatanganan nota kesepahaman dengan Pemerintah Kota Bitung dilakukan secara virtual oleh Teuku Sahir Syahali bersama Wali Kota Bitung Maurits Mantiri di hari yang sama, namun pada waktu berbeda.

Dirut PJAA Teuku Sahir Syahali menilai Kota Tomohon dan Kota Bitung memiliki daya tarik wisata yang berpotensi besar untuk dikembangkan.

“Saya berharap kolaborasi ini dapat saling melengkapi dan tentunya dapat menguntungkan satu sama lain,” ujar Sahir.

Dalam sambutannya, Wali Kota Tomohon Caroll Joram mengatakan bahwa Taman Impian Jaya Ancol memiliki misi yang sejalan dengan visi-misi Tomohon dalam pengembangan kawasan pariwisata.

“Kami sangat bersyukur boleh ada kerja sama dengan Ancol, sesuai dengan visi-misi kami untuk bisa mengembangkan pariwisata Tomohon lebih baik lagi ke depannya," kata Caroll.

Baca juga: Peringati Hari Bumi, aktivitas Ecopark Ancol diramaikan fotografer

Pada acara itu, dipaparkan pula mengenai konsep pengembangan pariwisata di Tomohon oleh Wing Antariksa selaku Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk.

“Ancol 'goes beyond' Jakarta, karena dengan kolaborasi ini Ancol akan turut serta dalam mengembangkan potensi pariwisata di destinasi lain di Indonesia," kata Wing.

Dengan adanya kesepahaman terkait konsep ini, PJAA dan dua pemerintah kota di Sulawesi Utara tersebut menyepakati untuk bersama-bersama merancang tindak lanjut yang lebih konkret terkait kerja sama di bidang pariwisata tersebut.

"Kami ucapkan terima kasih kepada PT Pembangunan Jaya Ancol Jakarta yang mau menandatangani MoU dengan Kota Bitung” ujar Wali Kota Bitung Maurits Mantiri.

PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk memiliki usaha rekreasi terbesar dan terpadu di Indonesia merupakan destinasi favorit warga Jabodetabek khususnya, yakni Taman Impian Jaya Ancol.

Baca juga: Bazar UMKM "Jumat Beli Lokal" geliatkan Pasar Seni Ancol

Di Tomohon dan Bitung, Ancol memiliki komitmen untuk bisa memberikan sajian atraksi yang tidak hanya menghibur, namun juga memberikan nilai lebih seperti edukasi di dalamnya.

Hal ini dimulai dari kajian segi bisnis hingga sinergi dalam menentukan model kerja sama dengan prinsip saling memberikan manfaat satu sama lain.

Setelah kesepahaman itu ditandatangani, selanjutnya baru akan dibahas lebih mendetail mengenai poin-poin kerja sama apa saja yang bisa dilakukan secara bersama-sama.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022