Bandung (ANTARA) -
Kepolisian Daerah Jawa Barat mengimbau para pemudik khususnya yang menggunakan jalan tol agar tidak berlama-lama di tempat istirahat alias rest area pada arus mudik Lebaran 2022.

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat, Komisaris Besar Polisi Ibrahim Tompo, mengatakan tempat istirahat memiliki batas kapasitas tertentu. Sehingga jika pemudik sudah ramai, maka pengunjung tempat istirahat pun akan ada terlalu padat. "Memang kita imbau sebisa mungkin waktunya sesingkat mungkin, 30 menit lah," kata dia, di Bandung, Jawa Barat, Kamis.

Baca juga: Pospam Kalimalang sediakan tempat istirahat bagi pemudik

Baca juga: Pengelola Goa Sunyaragi Cirebon buka tempat istirahat bagi pemudik
 
Menurut dia, pengunjung bisa menggunakan waktu istirahat yang singkat di tempat istirahat agar pemudik lainnya bisa menggunakan fasilitas tersebut juga untuk istirahat.
 
Meski begitu, polisi pun tetap mengimbau kepada para pemudik agar segera beristirahat jika merasa lelah atau ngantuk ketika dalam perjalanan. "Memang tidak diberikan aturan terkait dengan waktunya, tapi diharapkan masyarakat bisa mengatur waktu sehemat mungkin," kata dia.

Baca juga: Kantor pemerintahan di jalur mudik Garut dijadikan tempat istirahat

Baca juga: Jasa Marga siapkan fasilitas istirahat pemudik di Tol Layang MBZ
 
Selain tempat istirahat di jalan tol, menurutnya seluruh pos pengamanan kepolisian dalam Operasi Ketupat Lebaran 2022 yang berada di jalur arteri, bisa dijadikan tempat istirahat.
 
Salah satunya di Pos Terpadu Cileunyi yang berada tak jauh dari pintu keluar gerbang tol Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Pos pengamanan mudik itu menyediakan sejumlah fasilitas, mulai dari tempat istirahat, makanan ringan gratis, hingga tempat bermain anak.

Baca juga: Pengguna tol di Cirebon antusias ikuti vaksinasi di tempat istirahat

Baca juga: Kepala Polda Jateng: Masyarakat abaikan prokes di tempat istirahat

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022