Jambi (ANTARA) - Badan SAR Nasional (Basarnas) Provinsi Jambi mengamankan jalur transportasi laut selama musim mudik hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah/tahun 2022.

"Dalam operasi ketupat pengamanan mudik, Basarnas Jambi memiliki andil dalam melakukan pengamanan transportasi mudik jalur laut di wilayah Provinsi Jambi," kata Kepala Basarnas Jambi Abdul Malik di Jambi, Kamis.

Abdul Malik menjelaskan titik fokus jalur laut yang menjadi lokasi pengamanan yakni di Kuala Tungkal Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Muara Sabak, Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan pelabuhan Talang Duku Jambi.

Di Kabupaten Tanjung Jabung Barat titik fokus yakni di Pelabuhan Roll on roll off (Roro) Kuala Tungkal dan beberapa pelabuhan antar provinsi dan daerah lainnya.

Baca juga: Polda Jambi pastikan jalur mudik di wilayahnya aman

Baca juga: BPJN Jambi siagakan 12 posko lebaran di jalur nasional


Di Pelabuhan Roro Kuala Tungkal diperkirakan akan terjadi lonjakan penumpang, karena selama dua tahun terakhir pemerintah melarang mudik akibat pandemi COVID-19.

Dalam operasi pengamanan, Basarnas Jambi menyiagakan 65 orang petugas dan tiga unit Kapal Motor. Yakni KM 414 Batanghari, KM RB 01 Kuala Tungkal dan KM RB 02 Muara Sabak.

"Titik rawan yang menjadi prioritas yakni di Pelabuhan Roro Kuala Tungkal, perbatasan Jambi-Riau dan perbatasan Jambi-Sumatera Barat" kata Abdul Malik.

Operasi ketupat yang dilaksanakan Basarnas Jambi tersebut di mulai dari Kamis, 28 April 2020, sampai dengan Jum'at, 6 Mei 2022.

Sampai dengan saat ini kondisi jalur laut di Jambi masih dalam keadaan kondusif. Abdul Malik berharap kondisi tersebut dapat terus bertahan hingga arus mudik dan arus balik tahun 2022 selesai dilaksanakan. Dengan demikian masyarakat yang memanfaatkan momen mudik lebaran tahun 2022 ini dapat menjalankan hari Raya Idul Fitri 1443 hijriah dengan aman dan lancar.*

Baca juga: Pemprov Jambi lengkapi posko pengamanan mudik dengan gerai vaksin

Baca juga: BPJN Jambi siapkan area istirahat di jalur mudik

Pewarta: Muhammad Hanapi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022