kami langsung tindak tegas pihak yang bersangkutan
Jakarta (ANTARA) - Terminal Terpadu Pulo Gebang membuka kanal aduan bagi masyarakat khususnya pemudik saat menerima layanan dari aneka petugas di terminal itu untuk memastikan perjalanan mudik bisa berjalan lebih nyaman dan aman.

"Kami ada kanal resmi, ada Instagram. Masyarakat yang mengalami keluhan atau ada aduan di situ bisa kirim pesan langsung (Direct Message/DM), dari situ, kami pasti tindak lanjuti di hari yang sama agar masalah yang ada tidak berlarut- larut," kata Kepala Satuan Pelaksana Operasi dan Kemitraan Terminal Terpadu Pulo Gebang Hendra Kurniawan saat ditemui ANTARA di lokasi keberangkatan Terminal Terpadu Pulo Gebang, Kamis.

Adapun nama akun Instagram resmi yang dikelola oleh tim hubungan masyarakat (humas) Terminal Terpadu Pulo Gebang bernama @terminalterpadupulogebang.

Selain bisa mengajukan aduan, masyarakat atau pemudik bisa mengikuti media sosial Terminal Terpadu Pulo Gadung untuk melihat lebih jelas layanan dan posko-posko yang disediakan selama masa mudik Lebaran 2022 berlangsung.

Sejauh ini, baru ada satu aduan yang diterima dan akan ditindaklanjuti agar masalah yang mengganjal tidak mengganggu layanan yang saat ini dioptimalkan di Terminal Terpadu Pulo Gebang.

Baca juga: Dua ribu pemudik ada di Pulo Gebang pada H-4 Lebaran

"Jika ada aduan, lalu benar ditemukan masalah, maka kami langsung tindak tegas pihak yang bersangkutan," kata Hendra.

Ada pun selama masa mudik Idul Fitri 1443H, ada beragam posko dan layanan yang dihadirkan.

Di antaranya posko terpadu untuk pemudik mendapatkan informasi dari para petugas di sekitar Terminal Terpadu Pulo Gadung, ada juga posko kesehatan yang bisa dimanfaatkan oleh pemudik untuk mengecek kesehatan, menerima vaksin penguat (booster) COVID-19 dan juga melakukan tes cepat antingen.

Bagi para sopir bus yang akan membawa para pemudik, Terminal Terpadu Pulo Gebang juga menyediakan layanan pengecekan urine yang difasilitasi oleh BNN sehingga para sopir yang bertanggung jawab mengemudikan armada dipastikan dalam kondisi sadar dan bebas dari narkoba.

Agar mudik lebih nyaman lagi, Hendra pun menyarankan jika pemudik kebingungan saat berada di area Terminal Pulo Gebang, maka ada baiknya biasakan diri untuk bertanya pada petugas.

Baca juga: Penumpang di Terminal Pulo Gebang tercatat alami kenaikan 30 persen

Kerap kali ditemukan pemudik yang gengsi bertanya pada petugas dan berakhir mendapatkan informasi yang kurang tepat karena menanyakan informasi tersebut ke sesama penumpang.

Untuk menghindari kejadian itu, maka ada baiknya pemudik bertanya pada petugas di Terminal Pulo Gebang.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022