senang dan bahagia karena akhirnya bisa mudik
Jakarta (ANTARA) - Pemudik pengguna moda transportasi kapal laut di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara mengungkapkan perasaan bahagia karena bisa pulang kampung atau mudik lagi tahun ini, setelah dua tahun sebelumnya tidak merayakan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah di kampung halaman akibat pandemi COVID-19.

"Perasaannya saya senang dan bahagia karena akhirnya bisa mudik, setelah lama tidak mudik sekarang merasakan lagi Lebaran di kampung halaman," kata salah seorang pemudik tujuan Bangka, Provinsi Bangka Belitung, Sari Novita saat ditemui di ruang tunggu Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis.

Perasaan bahagia tersebut diungkapkannya karena pada 2022 ini atau 1443 Hijriah ini akhirnya bisa merasakan kembali suasana Lebaran yang selama dua tahun ke belakang disebutnya kurang terasa sebagai "anak rantau".

Dia menceritakan selama dua tahun ke belakang, dirinya merayakan Lebaran di Jakarta dengan suasana sepi menyelimuti sehingga momen Idul Fitri yang biasanya diisi dengan keramaian khas Lebaran tidak dirasakannya.

"Karena kemarin, Lebaran di sini gak kerasa kayak Lebaran, beda kalau di Kampung Vibes, Lebaran kerasa banget. Kalau di sini, cuman tidur di kosan," katanya dengan tersenyum.

Baca juga: Pendaftaran mudik gratis di Tanjung Priok dibuka hingga 29 April

Sari berharap dengan kembali diperbolehkannya mudik Lebaran di tahun ini membawa kebahagiaan yang sama bagi masyarakat lainnya.

"Dan juga semoga mudik tahun ini semua lancar dan berjalan dengan baik tidak ada kejadian yang berat," ucapnya.

Sari berencana untuk menggunakan kapal KM Elsaddai milik perusahaan swasta Bangka Belitung Jaya Line dengan jadwal 29 April 2022 pukul 03.00 WIB tujuan Pangkal Balam.

Sementara itu, sejak pukul 11.00 WIB, Pelabuhan Tanjung Priok masih sepi dari pemudik atau penumpang biasa karena 28 April 2022 ini tidak ada pemberangkatan kapal Pelni dari Tanjung Priok.

Kegiatan hanya terlihat di Posko Angkutan Lebaran 2022, posko mudik gratis dan posko vaksin di Pelabuhan Tanjung Priok oleh para petugas.

Baca juga: Pelni berangkatkan 482 pemudik dari Pelabuhan Tanjung Priok

Ruangan pusat informasi di Pelabuhan Tanjung Priok juga terlihat tutup sampai sekarang.

"Iya karena tidak ada pemberangkatan kapal," kata salah satu petugas keamanan yang berjaga.
 
 

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022