Cirebon (ANTARA) - Executive General Manajer PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Waljiyanto mengatakan konsumsi semua jenis bahan bakar minyak (BBM) di wilayah kerjanya, mengalami peningkatan mencapai 20-50 persen, dibanding hari biasa.

"Ada kenaikan sekitar 20-50 persen konsumsi BBM di SPBU jalur mudik," kata Waljiyanto di Cirebon, Kamis.

Ia mengatakan peningkatan konsumsi BBM memang sudah diprediksi jauh-jauh hari, sehingga pihaknya telah mempersiapkan kebutuhan semua jenis BBM.

Menurut dia ,untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, pihaknya juga sudah mempersiapkan mobil pengangkut BBM untuk cadangan. "Dari kemarin ada peningkatan tapi alhamdulillah bisa kita layani. Memang kenaikan seluruh jenis BBM rata-rata sudah 20 persen," tuturnya.

Ia menambahkan khusus untuk BBM jenis solar, pada Rabu (27/4) bahkan mencapai 100 persen, akan tetapi tidak bisa menjadi patokan, karena pada hari tersebut merupakan hari terakhir kendaraan besar beroperasi.

Waljiyanto memastikan, Pertamina memiliki persediaan yang cukup, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir akan kehabisan BBM.

Bahkan, pihaknya juga menyediakan motoris yang siap melayani para pemudik ketika kehabisan BBM dan jauh dari SPBU, bahkan tidak ada biaya untuk pengirimannya.

"Kita mempunyai persediaan yang cukup, jadi tidak usah khawatir," katanya.***1***

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022