... Kapal perang TNI AL siap jika diperlukan untuk membantu PT Pelabuhan Nasional Indonesia apabila armada yang dimiliki tidak cukup untuk menampung lonjakan jumlah pemudik lebaran Tahun 2022...
Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Yudo Margono, mengatakan, kapal-kapal perang TNI AL siap mendukung mudik Lebaran 1443 Hijriah bila diperlukan untuk mengangkut penumpang.

"Kapal perang TNI AL siap jika diperlukan untuk membantu PT Pelabuhan Nasional Indonesia apabila armada yang dimiliki tidak cukup untuk menampung lonjakan jumlah pemudik lebaran Tahun 2022," kata dia, di Markas Besar TNI AL Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis.

Baca juga: TNI AL siagakan 40 kapal perang amankan mudik Lebaran

TNI AL juga sudah mempersiapkan kapal LST maupun Landing Platform Dock (LPD) apabila sewaktu-waktu diminta.

Menurut dia, hingga saat ini armada PT. Pelni masih mampu mengatasi jumlah penumpang arus mudik lebaran 2022, sehingga TNI AL hanya mendukung pengamanannya saja. "Sudah saya perintahkan kepada semua unsur TNI AL untuk membantu pengamanan terhadap kapal-kapal PT. Pelni yang mengangkut penumpang khususnya untuk mudik," katanya.

Baca juga: Kasal ingatkan prajurit tidak abaikan prokes saat mudik Lebaran 2022

Selain meyiapkan dukungan kapal kelas LPD, TNI AL juga mempersiapkan kapal-kapal perang maupun KAL guna melakukan patroli terhadap jalur laut yang dipergunakan selama arus mudik 2022. Kemudian dukungan pengamanan juga diproyeksikan di pelabuhan-pelabuhan tempatnya para pemudik yang akan naik maupun turun kapal.

Baca juga: TNI AL siapkan KRI dukung Mudik Lebaran 2017

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022