Kedatangannya tentu ini akan menjadi berita dunia"
Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring mengatakan masyarakat menanti kedatangan Presiden AS Barack Obama ke Bali, sementara dunia akan memperhatikannya.

Tifatul mengatakan, saat ini ublik akan bertanya apa yang akan diungkapkan Obama dan peryataan apa yang akan dikeluarkan untuk memberikan satu semangat dan optimis baru mengenai perubahan ini.

"Dan ini yang ditunggu-tunggu, sehingga kedatangan Presiden Obama ke sini baru pertama kali untuk dinas. Di mana Obama dan utusan dari Rusia datang untuk hadir dalam KTT ASEAN di Bali kali ini," kata Tifatul di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) di Nusa Dua, Kamis.

Dia juga menyebut mengatakan kedatangan Presiden Amerika Serikat itu ke Bali, membuat dunia internasional mengikuti  KTT ASEAN ke-19, ASEAN+3 dan KTT ke-enam Asia Timur di Nusa Dua.

"Kedatangan Presiden Obama ini membawa satu kekuatan tersendiri bagi dunia internasional, karena kita ketahui bahwa krisis yang terjadi di Eeropa dan Amerika Serikat, membuat para pemimpin negara maju limbung dan belum pernah selimbung ini," kata Tifatul.

Menkominfo tidak menepis konsekuensi bahwa kedatangan Obama itu membuat persiapan pertemuaan menjadi sangat dijaga ketat di mana Obama membawa tim keamanan dan mobil sendiri.

"Kedatangannya tentu ini akan menjadi berita dunia, semua pandangan dunia akan menuju ke Bali dan menunggu apa yang akan diungkapkan, apa yang akan dihasilkan dalam KTT ASEAN," kata Tifatul.

Namun Tifatul menganggap wajar jika akan ada yang berunjukrasa memprotes Obama karena itu wajar dalam demokrasi selama tidak melawan hukum.

"Itu wajar saja jangankan di sini,. di Amerika saja, Obama juga kadang ditolak. Tapi maksud saya jika presiden kita dihormati, maka bersikaplah hal yang sama," kata Tifatul.(*)

S035/A011

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011