Jakarta (ANTARA) - Petugas Pelabuhan Penumpang Tanjung Priok Jakarta Utara mengoptimalkan persiapan pemberangkatan terakhir mudik gratis bagi pengendara sepeda motor yang memanfaatkan transportasi kapal laut pada Jumat besok.

"Sebagai persiapan kami melakukan berbagai langkah, bersama instansi lain seperti Operasional Pelabuhan, Syahbandar, BMKG dan lainnya, tujuannya memberikan rasa nyaman dan aman bagi pemudik," kata Kepala Pos Koordinasi Angkutan Laut Lebaran Pelabuhan Tanjung Priok Ajun Komisaris Polisi (AKP) Weni Sianipar di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Kamis.

Baca juga: Posko vaksinasi mudik Tanjung Priok juga layani masyarakat sekitar

Sejumlah persiapan yang dilakukan, kata Weni antara lain penambahan kekuatan pengamanan dengan melibatkan personel dari Brimob, Pol Air, Sabhara Polda Metro Jaya, dan TNI.

"Jadi ada peningkatan kekuatan dari hari biasa lima orang berjaga di pos, saat ini di periode mudik jadi 50 orang terlebih ketika jadwal mudik gratis seperti besok kami konsentrasikan kekuatan di posisi strategis," ucap Weni.

Mengingat prediksi padatnya pemudik pada 29 April 2022 tersebut, Weni menyebut pihak keamanan juga akan mengintensifkan patroli dan penempatan pasukan pada beberapa pos strategis seperti pintu masuk ke terminal pemberangkatan.

"Kami lakukan patroli juga nanti secara intensif terutama ketika periode Embarkasi dan debarkasi (naik dan turun) penumpang. Kemudian di lokasi pintu masuk untuk memeriksa barang-barang penumpang," ujar Weni.

Bukan hanya barang bawaan pemudik yang akan diperiksa, tambah Weni, tapi juga kelengkapan persyaratan untuk mudik, yakni kelengkapan vaksinasi COVID-19 atau tes antigen 1x24 jam bagi yang belum menerima vaksin dosis 1 dan 2.

Baca juga: Pemudik ungkapkan kebahagiaan bisa mudik lagi tahun ini

"Jadi kan saat ini harus booster atau sudah divaksin, jika belum divaksin tidak bisa membeli tiket, karenanya nanti kami arahkan ke posko vaksinasi untuk mendapatkan vaksinasi," tutur Weni.

Untuk saat ini, Pelabuhan Penumpang Tanjung Priok terpantau sepi dari pemudik atau penumpang biasa, karena pada 28 April 2022 ini tidak ada pemberangkatan kapal Pelni dari Tanjung Priok.

Kegiatan pun hanya terlihat di Posko Angkutan Lebaran 2022, posko mudik gratis, dan posko vaksinasi COVID-19 di Pelabuhan Tanjung Priok oleh aktivitas para petugas.

Diketahui, pengelola Pelabuhan Tanjung Priok menyebutkan pendaftaran mudik gratis bagi pengendara sepeda motor yang memanfaatkan layanan kapal laut dibuka hingga 29 April 2022.
 
Sejumlah syarat yang diperlukan untuk mendapatkan fasilitas mudik gratis, antara lain dokumen seperti KTP, SIM dan STNK, sementara bagi anak kecil atau yang belum memiliki KTP harus membawa Kartu Keluarga.

Baca juga: Pendaftaran mudik gratis di Tanjung Priok dibuka hingga 29 April
 
"Kemudian harus menyertakan sertifikat vaksin booster, jika baru divaksin dosis 1 dan 2 harus menyertakan surat negatif pemeriksaan antigen yang berlaku 1x24 jam di klinik atau puskesmas terdekat karena di sini belum menyediakan fasilitas itu," ungkap anggota tim verifikasi mudik gratis Pelabuhan Tanjung Priok Fakhri Solihin.
 
Adapun untuk pemudik yang ingin mengikuti program ini bisa mendaftarkan diri, namun pihaknya memprioritaskan pemudik yang menggunakan sepeda motor karena slot mudik gratis yang terbatas.
 
"Jadi kalau semisal nanti jam 20.00 mau tutup masih ada slot atau kuota kita bisa masukan yang tanpa motor," kata Fakhri.
 
Menurut Fakhri, pendaftaran hingga 29 April 2022 ini merupakan masa perpanjangan karena seharusnya pendaftaran mudik gratis dengan dua cara, yakni daring dan tatap muka berakhir pada 22 April 2022 dan 24 April 2022 untuk keberangkatan 26 April 2022 dan 29 April 2022.
 
Namun, pihak penyelenggara memutuskan untuk memperpanjang batas waktu pendaftaran menjadi 28 April 2022 untuk daring dan 29 April 2022 untuk tatap muka karena slot yang masih tersisa.
 
"Pertimbangannya karena melihat sisa kuota ini masih cukup banyak yakni motor 392 orang dari kuota 1.250, kemudian sisa kuota untuk orang 611 dari slot 2.500 orang, akhirnya diperpanjang pendaftarannya," ucap Fakhri.

Baca juga: Posko Kampung Bahari beri dampak positif bagi pelayanan masyarakat

Ada dua armada kapal yang digunakan untuk mudik gratis ini, yaitu KM Dobonsolo dan KM Ciremai yang dioperasikan PT Pelni (Persero). Kedua kapal tersebut merupakan kapal "three in one", yaitu kapal yang dapat mengangkut orang, barang dan kendaraan.
 
Fasilitas KM Dobonsolo meliputi sarana ibadah, salon makan, kafetaria, teater/ hiburan, sarana permainan, dilengkapi sekoci (life boat), rakit penolong dan pelampung sesuai kapasitas, dan asuransi pelaksanaan mudik motor gratis.
 
Kapasitas Masing-masing Kapal tersebut dapat mengangkut 1.250 unit sepeda motor dan 2.500 orang penumpang.
 
Adapun rute untuk mudik gratis bagi pesepeda motor 2022 meliputi Jakarta-Semarang-Surabaya (Arus Mudik) dan Surabaya-Semarang-Jakarta (Arus Balik).
 
Jadwal mudik rute Jakarta-Semarang-Surabaya yang menggunakan KM Dobonsolo pada 26 April 2022 Jam 13:00 WIB dan KM Ciremai pada 29 April 2022 Jam 22:00 WIB berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.
 
Sedangkan jadwal balik rute Surabaya-Semarang-Jakarta menggunakan KM Dobonsolo pada 11 Mei 2022 Jam 17:00 WIB dan KM Ciremai pada 9 Mei 2022 Jam 17:00 WIB.

Baca juga: Pelni berangkatkan 482 pemudik dari Pelabuhan Tanjung Priok

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022