Jakarta, (ANTARA News) - Produsen air minum dalam kemasan, PT Aqua Golden Mississippi (AGS), Sukabumi, menyatakan telah menanam 200 ribu pohon dalam waktu dua tahun 2009-2010 di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS).

"Kami sudah menanam 100.000 pohon per tahun pada kurun waktu 2009-2010 di TNGHS yang melibatkan masyarakat sekitar, TNGHS, dan Pesantren Al-Amin," kata CSR Coordination PT AGSi, Warsono, di Sukabumi, Selasa (15/11).

Penanaman ratusan ribu pohon itu merupakan salah satu upaya konservasi yang diharapkan mampu memberikan manfaat jangka panjang dengan memelihara debit air bersih di kawasan itu.

Perusahaan itu memiliki pabrik di kawasan kaki Gunung Halimun-Salak yakni di Cidahu, Babakan Pari, Sukabumi, dengan luas area 22 hektar untuk komplek sumber. Ada 4 sumber di dalamnya yakni 3 sumur produksi dan satu sumur pantau.

Pelibatan pondok pesantren merupakan konsep pelibatan pemangku kepentingan dalam kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan oleh Aqua.

Pesantren tersebut telah merintis penanaman pohon sengon di sekitar tanah milik warga di samping pesantren tersebut juga memiliki kelompok tani yang aktif yakni Hejo Daun.

"Penanaman 100.000 pohon per tahun terdiri dari 60 persen pohon puspa yang merupakan tanaman endemik Hutan Gunung Salak dan 40 persen sisanya pohon sengon dan jabon," katanya.Pohon puspa ditanam di sekitar areal TNGHS sedangkan pohon sengon dan jabon ditanam di lahan perkebunan warga atau perkebunan desa.

"Kami juga memberikan bantuan bibit pohon buah untuk dirawat oleh pihak sekolah yang nantinya digunakan untuk melakukan penghijauan di sekolah sekolah maupun desa," katanya.
(ANT)

 

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011