Semarang (ANTARA) - Arus kendaraan di gerbang tol Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah, lancar pada saat aturan satu arah perjalanan diberlakukan pada Kamis petang.

"Sejak diberlakukan satu arah di Kalikangkung mulai pukul 17.00 WIB, antrean kendaraan masih relatif landai," kata Kepala Satuan Lalu-lintas Polrestabes Semarang, AKBP Sigit, saat ditemui di gerbang tol Kalikangkung, Semarang.

Baca juga: Ganjil-genap dan satu jalur dari Karawang ke Semarang mulai diterapkan

Baca juga: Satu arah mulai diberlakukan di jalur Jabar selatan lintas Limbangan


Menurut dia, dari sekitar tiga jam sejak diberlakukan satu arah, sudah sekitar 5.000 kendaraan yang keluar dari Kalikangkung untuk masuk ke Semarang. Kepadatan arus kendaraan dari arah barat diperkirakan akan mencapai puncak beberapa jam setelah pemberlakukan satu arah arus kendaraan. "Kepadatan yang dari arah barat diperkirakan baru masuk beberapa jam lagi," katanya.

Baca juga: Pemprov Jabar antisipasi lonjakan pemudik jelang satu arah tol

Baca juga: Polres Batang siapkan skenario satu arah jalur Tol Batang-Semarang


Pemberlakuan satu arah di jalan tol dari barat hingga gerbang Tol Kalikangkung Semarang mulai ditetapkan sejak 17.00 WIB. Persiapan pemberlakuan satu arah sudah dilakukan beberapa saat sebelumnya. Seluruh gardu tol di gerbang tol Kalikangkung dibuka untuk melayani para pengguna jalan tol yang akan melintas.

Total kendaraan melintas gerbang tol Kalikangkung dari arah barat sejak pagi hingga petang tercatat mencapai 21.591 kendaraan.

Baca juga: Polres Garut siapkan strategi satu arah, urai kemacetan di jalur mudik

Pewarta: Immanuel Citra Senjaya
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022