Jakarta (ANTARA) - Atlet lari gawang putri Emilia Nova bangga menjadi atlet putri pertama pembawa bendera Merah Putih dalam upacara pembukaan ajang pesta olahraga Asia Tenggara SEA Games.

"Perasaan aku ya aku menjadi terhormat dan bangga banget karena tidak semua atlet punya kesempatan menjadi flag bearer, dan apalagi ini pertama kalinya perempuan karena biasanya laki-laki," kata Emilia dalam acara peluncuran jersey Tim Indonesia untuk SEA Games Vietnam di Jakarta, Kamis.

Saat ditanya soal pakaian yang akan dia kenakan dalam pembukaan SEA Games Vietnam pada 12 Mei di Hanoi, Emilia mengatakan belum mengetahui pasti karena akan disiapkan oleh Komite Olimpiade Indonesia (KOI).

Namun, dia tidak berkeberatan menggunakan kebaya atau memakai pakaian unsur adat Sumatera Barat, asal Emilia.

"Bawahannya sepatu olahraga, karena kalau misalnya pakai heels takutnya malah lecet, kaki aku malah sakit tumit kan, takutnya malah jadi bumerang," kata Emilia yang meraih medali emas dalam ajang 82nd Singapore Open Track & Field Championships 2022 di Singapura pada 16-17 April.

Dengan menjadi pembawa bendera dalam acara pembukaan, Emilia berharap dapat kembali mengibarkan Merah Putih pada pertandingan yang dia ikuti.

Baca juga: KOI perkenalkan jersey tim Indonesia untuk SEA Games Vietnam

"Ini juga menjadi doa dan jalan aku agar di SEA Games bisa mengibarkan bendera Merah Putih di Vietnam," ujar Emilia.

Pada SEA Games Hanoi, Emilia Nova bertekad mempertahankan medali emas 100 meter lari gawang putri yang dia raih pada edisi sebelumnya di Filipina 2019. Ketika itu, Emil menyumbangkan medali emas setelah menjadi yang terdepan dengan catatan waktu 13,61 detik.

Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk SEA Games Vietnam Ferry J. Kono mengatakan pemilihan atlet pembawa bendera dalam acara pembukaan dilakukan secara panel dari tim CdM.

"Ketika dikumpulkan syaratnya adalah atlet itu free dari bertanding pada saat tanggal 12, dan tidak mengganggu proses persiapannya sehingga dipertimbangkan dari cabang olahraga tertentu yang baru bertanding pada tanggal 14, ada basket, renang, atletik," kata Ferry.

"Dilihat dari situ, tim memutuskan untuk kemudian melihat prestasi sehingga pembawa bendera merah putih kita menjadi berpeluang membawa pulang medali."

Peserta Indonesia untuk defile dalam upacara pembukaan SEA Games Vietnam, menurut Ferry, akan berjumlah 30 orang.

"Kita akan menggunakan pakaian yang berbeda, nanti akan represent khazanah budaya Indonesia kita dari 34 provinsi," kata Ferry.

Baca juga: Timnas atletik mulai turunkan volume latihan mendekati SEA Games 2021

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022