Dari pemantauan arus mudik di Simpang Mengkreng aman dan belum ada kepadatan.
Kediri (ANTARA) - Inspektorat Pengawasan Umum (Irwasum) Mabes Polri Komjen Pol Agung Budi Maryoto memantau arus mudik di Simpang Mengkreng, Kabupaten Kediri, Jawa Timur menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

Komjen Pol Agung mengemukakan lokasi Simpang Mengkreng, Kabupaten Kediri dipilih sebagai salah satu pengawasan arus mudik, karena masuk dalam pemantauan nasional. Daerah ini penghubung antara Kediri dengan Jombang, Nganjuk serta masuk jalur lintas provinsi.

"Pemilihan Simpang Mengkreng sebagai titik pengawasan arus mudik karena persimpangan ini termasuk dalam pantauan tingkat nasional. Kawasan ini adalah perbatasan sejumlah daerah menghubungkan Kota Kediri dan Kabupaten Kediri serta Kabupaten Jombang, dan Kabupaten Nganjuk," katanya, di Kediri, Kamis.

Ia menambahkan, titik pengawasan lainnya selain Simpang Mengkreng di Kediri juga Surabaya, termasuk Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo.

Pihaknya mencatat arus mudik dalam kondisi aman dan lancar. Saat ini juga sudah mulai terjadi peningkatan volume kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Kapolres Kediri AKBP Agung Setyo Nugroho mengatakan arus lalu lintas di Simpang Mengkreng saat ini masih aman dan lancar.

Di Simpang Mengkreng, Kabupaten Kediri, juga sudah ada peningkatan volume kendaraan baik roda dua maupun roda empat menjelang Hari Raya Idul Fitri 2022.

"Dari pemantauan arus mudik di Simpang Mengkreng aman dan belum ada kepadatan. Jadi masih di kategori zona hijau," kata Kapolres.

Selain memantau arus mudik, rombongan Irwasum Komjen Pol Agung Budi Maryoto, juga memberikan bantuan paket bahan pokok kepada sejumlah petugas Pos Pengamanan Simpang Mengkreng, Kabupaten Kediri.

Hadir mendampingi dalam acara pemantauan arus mudik ini Wakapolda Jatim Brigjen Polisi Slamet Hadi Supraptoyo, Kakorbinmas Mabes Polri Irjen Pol Suwondo Nainggolan, Kapolres Nganjuk, Kapolres Jombang, Wakil Bupati Kediri Dewi Mariya Ulfa, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri dokter Ahmad Khotib, dan beberapa tamu lainnya.
Baca juga: Polisi: Arus lalu lintas di Mengkreng semakin padat
Baca juga: Arus mudik di Mengkreng-Kediri lancar

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022