Jambi (ANTARA) - Seribu lebih pemudik dalam sehari yang tiba dan berangkat dari Bandara Sultan Thaha Syaifuddin Jambi menjelang Lebaran tahun ini.

Mendekati Idul Fitri 1443 Hijriah/2022 Masehi, jumlah warga yang mudik di Provinsi Jambi semakin meningkat dan bahkan dalam satu hari ada ribuan pemudik yang meninggalkan dan tiba di Jambi, kata Direktur Lalu Lintas Polda Jambi Kombes Pol Dhafi, Kamis.

Berdasarkan data dari Direktorat Lalu Lintas Polda Jambi, pada Rabu (27/4), tercatat 1.746 pemudik meninggalkan Jambi melalui Bandara Sultan Thaha. Sementara itu jumlah kedatangan 1.618 orang.

"Kemarin masing-masing ada sebelas penerbangan keberangkatan dan kedatangan di Bandara Sultan Thaha," ujar Dhafi.

Baca juga: Basarnas Jambi amankan jalur laut selama mudik Lebaran 2022

Baca juga: Polda Jambi pastikan jalur mudik di wilayahnya aman


Sementara itu 331 orang pemudik tercatat berangkat dari Terminal Alambarajo Kota Jambi, dengan 12 unit angkutan mudik. Sedangkan kedatangan berjumlah 180 orang dengan 10 armada.

Kemudian 78 pemudik berangkat dari Pelabuhan LLASDP Kabupaten Tanjungjabung Barat (Tanjabbar) dengan jumlah kapal yang berangkat sebanyak tiga unit. Adapun pemudik yang tiba melalui Pelabuhan LLASDP sebanyak 66 orang dengan jumlah kapal yang datang tiga unit.

Data dari Pelabuhan Muarasabak Timur, Kabupaten Tanjungjabung Timur (Tanjabtim) pemudik yang berangkat sebanyak 30 orang, dengan tiga unit kapal. Sedangkan yang datang sebanyak 34 orang dengan tiga unit kapal, kata Dhafi.

Kemudian pemudik yang berangkat dari Pelabuhan Mendaharailir, Kabupaten Tanjabtim sebanyak 30 orang dengan dua kapal, dan kedatangan 25 orang dengan dua kapal.

Sementara itu 4.156 pemudik berangkat dari Terminal Tipe A Muarabungo, Kabupaten Bungo dengan 163 armada. Kemudian kedatangan sebanyak 4.135 orang dengan 163 armada.

Adapun dari Terminal Unit 2 Rimbo Bujang, Kabupaten Tebo berangkat 165 pemudik dengan 9 unit armada. Kemudian kedatangan sebanyak 102 orang dengan sembilan armada.

"Berikutnya 2.455 pemudik berangkat dari Terminal Tipe A Sarolangun dengan 83 armada. Adapun kedatangan pemudik 2.376 orang dengan 83 armada," kata Kombes Pol Dhafi.

Kemudian dari Terminal Pulautujuh, Kabupaten Merangin jumlah pemudik yang berangkat 2.494 orang dengan 97 armada. Sedangkan kedatangan berjumlah 2.545 orang dengan 97 armada.

Sementara itu, belum ada catatan mengenai jumlah pemudik yang berangkat maupun datang di Kabupaten Kerinci, Batanghari, Muarojambi, dan Kota Sungaipenuh.*

Baca juga: BPJN Jambi siagakan 12 posko lebaran di jalur nasional

Baca juga: Pemprov Jambi lengkapi posko pengamanan mudik dengan gerai vaksin

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022