anggota kita selalu siap menolong orang lain
Jakarta (ANTARA) -
Ketua Kwarnas Komjen Pol (Purn) Budi Waseso mengatakan, sebanyak 10.000 Pramuka di Tanah Air membantu pemudik yang pulang kampung dalam rangka Idul Fitri 1443 Hijriah.
 
"Kegiatan ini merupakan bagian dari pendidikan kepramukaan agar para anggota kita selalu siap menolong orang lain, sebagaimana tercantum secara jelas dalam Satya dan Darma Pramuka," ujar dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.
 
Ia menyampaikan, para Pramuka itu tersebar di stasiun kereta api, terminal bus, rest area jalan tol, tempat wisata, dan Posko Mudik Lebaran yang dibangun pemerintah dan Polri.
 
"Adik-adik Pramuka Penegak dan Pandega serta pembina itu membantu pemudik yang lanjut usia dan anak-anak, serta membantu petugas kesehatan dan petugas di stasiun dan terminal bus antarkota," katanya.
 
Sementara anggota Pramuka Saka Bhayangkara membantu polisi mengatur lalu lintas di jalur mudik.

Baca juga: Pramuka bantu kelancaran arus balik di Bakauheni
 
Setiap tahun, Gerakan Pramuka mengadakan kegiatan Karya Bakti Lebaran (KBL) yang diikuti Pramuka Penegak (usia 16-20 tahun), Pandega (21-26 tahun) dan orang dewasa (pembina dan andalan).
 
Menurut Budi Waseso, kegiatan KBL ini bagian dari pengabdian masyarakat dan selaras dengan tema Rakernas Pramuka 2022 yaitu "Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa".
 
Sekjen Kwarnas Bachtiar Utomo mengatakan KBL 2022 kali ini membantu memberitakan kegiatan KBL, baik secara langsung melalui saluran streaming yang telah disiapkan Kwarnas maupun melalui aktivitas pelaporan para peserta di akun media sosial masing-masing.
 
Menurutnya, ada dua hal yang dicapai dari peliputan dan pemberitaan tersebut. Pertama, membantu memberikan informasi kepada masyarakat luas, khususnya para pemudik mengenai keadaan di tempat-tempat di mana diadakan KBL.
 
Kedua, melatih Pramuka untuk belajar berkomunikasi, memberitakan dan melakukan kegiatan pewarta yang merupakan salah satu life skills atau keterampilan hidup yang berguna.

Baca juga: Pramuka bantu pemudik di Terminal Pulo Gebang
 
Ia mengatakan, sejak pekan lalu, sebanyak 410 Pramuka petugas KBL mengikuti pelatihan menjadi pewarta.
 
Andalan Nasional Kwarnas Komisi Humas & Informasi Sukma Widhya memberikan materi tentang teknik membuat reportase dan siaran langsung.
 
Sedangkan Kepala Pusinfo Kwarnas, Kak Tubagus Guritno memberikan materi tentang cara membuat berita singkat.
 
"Sehingga tagar Setiap Pramuka Adalah Pewarta dapat terwujud. Sekaligus dapat membantu menginformasikan kegiatan kepramukaan kepada masyarakat luas dan seluruh pemangku kepentingan Gerakan Pramuka, kata Guritno.
 
Ketua Karya Bakti Lebaran 2022 Saul Saleky menyampaikan, Kwarnas mengapresiasi adik-adik dan kakak-kakak yang bertugas dengan memberikan piagam penghargaan.
 
"Mereka sudah menunjukkan bakti-nya," ujarnya.

Baca juga: 3.000 Pramuka Jabar bantu amankan arus mudik
 
 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022