Jakarta (ANTARA) - Grand Premio Motul de la Comunitat Valenciana pada Kamis dinobatkan sebagai Grand Prix terbaik MotoGP musim 2021.

Penghargaan itu diberikan menyusul hasil voting dari IRTA yang kemudian disahkan oleh Komisi Grand Prix.

Itu merupakan kali keempat Grand Prix Valencia mendapat penghargaan tersebut, setelah sebelumnya meraih kesuksesan serupa pada 2002, 2003 dan 2005.

Sirkuit Ricardo Tormo juga menyabet penghargaan trofi terbaik pada 2020 saat menggelar dua balapan Grand Prix Eropa dan Valencia.

"MotoGP adalah ajang terpenting di kalender Sirkuit Ricardo Tormo. Setiap tahun kami menyiapkan Grand Prix dengan sebaik mungkin," kata Konselor Edukasi, Budaya dan Olahraga Generalitat Valenciana Vicent Marza dalam keterangan resmi MotoGP.

Baca juga: GP Valencia: Rossi pamitan dari MotoGP akhir pekan ini
Baca juga: Belajar dari Portimao, Mario Aji menuju Jerez dengan motivasi tinggi


"Kami ingin berterima kasih kepada Dorna, IRTA dan FIM atas penghargaan ini dan kami ingin membaginya kepada seluruh fan yang menjadi bagian utama kesuksesan besar Grand Prix dari Komunitas Valencia dalam 23 tahun terakhir."

GP Valencia menutup musim 2021 dengan gaya ketika tiga Ducati:Francesco Bagnaia, Jorge Martin, dan Jack Miller menyapu podium.

Kemudian itu juga menjadi balapan terakhir bagi Valentino Rossi, yang mendapat penghormatan dari anak-anak didiknya di Akademi VR46 yang mengenakan berbagai replika helm ikonik sang juara dunia sembilan kali.

Pada 2021, balapan itu juga menjadi yang pertama digelar tanpa batas penonton ketika aturan terkait COVID-19 dilonggarkan.

Hampir 150.000 penggila balap motor memadati sirkuit pada sepanjang akhir pekan di Valencia, yang menjadi balapan paling banyak ditonton musim lalu.

"Melihat banyak penggemar kembali memadati tribun itu fantastis dan Valencia menjadi ajang yang dikenang bagi mereka dan setiap orang yang bekerja di paddock," kata CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta.

"Ini adalah salah satu ajang unggulan kami di kalender," kata Ezpeleta, seraya menambahkan bahwa tiket GP Valencia selalu habis diborong oleh penggemar di sana.

Baca juga: Statistik GP Spanyol: Peringkat empat besar super ketat menuju Jerez
Baca juga: Enea Bastianini dan Diggia diharapkan tebus kegagalan di MotoGP Jerez

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022