Jakarta (ANTARA) - Lebaran kali ini akan berbeda dari lebaran dua tahun belakang karena pemerintah sudah memperbolehkan mudik kembali, tentunya dengan persyaratan yang wajib dipenuhi. Tentunya ini menjadi momen yang sangat dirindukan oleh sebagian besar umat muslim di Indonesia.

Untuk melengkapi kebahagiaan di hari kemenangan nanti, beberapa jenama lokal ini mengeluarkan koleksi khusus Ramadhan dan Lebaran. Koleksi-koleksi unik, modis dan menarik ini bisa menjadi pilihan busana Anda untuk bersilaturahmi ke sanak saudara.

Calla The Label - #CallaForRaya Serene Collection

Jenama lokal yang selalu mengeluarkan koleksi pakaian dengan permainan warna mencolok dan pastel, Calla The Label pun turut meluncurkan koleksi raya tahun ini. Koleksi yang diberi nama Serene Raya Collection ini, identik dengan motif bunga-bunga.

Calla The Label terinspirasi untuk mengangkat tema “The Flower Power for RAYA 2022”, merupakan simbol kehangatan dan membawa kebahagiaan seperti saat kita kita melihat kecantikan bunga - bunga secara magis memberikan cahaya dan rasa tenang.

“Harapannya pesan ini bisa dirasakan masyarakat walaupun masih dalam kondisi pandemi. Koleksi ini pun bisa dipakai kembali bukan hanya dikenakan saat hari Raya Lebaran, karena modelnya dibuat lebih stylish dan modern untuk looks busana yang bisa dipakai sehari-hari,” ujar Yeri Afriyani, Founder Calla the Label, dikutip dari siaran resmi, Jumat.

Baca juga: Merek fesyen Indonesia akan tampil di Paris dan Belanda

Baca juga: Raisa luncurkan baju lebaran untuk anak-anak

Adapun beberapa tipe pola dari koleksi Serene adalah soft organza dengan flower embroidery, Simple white Raya dress, Tunik dress, Magical flower pleats set for raya dan Magical flower chiffon pleats dress.
​​​​​​​
Love, Peace, and Raya dari Nona (ANTARA/HO-Hypefast)


Nona Loose Fashion - Peace, Love, and Raya & Koleksi Nona X Peony
​​​​​​​

Nona mengeluarkan dua koleksi sekaligus, yakni koleksi Peace, Love, and Raya dan Koleksi Nona X Peony. Koleksi Peace, Love and Raya hadir dengan beragam variasi, seperti atas, rok, celana, luaran, hingga Lace Dress dan Abaya Dress, dan berbagai variasi knitwear yang digadang sebagai busana terlaris dari Nona.

Koleksi ini menggunakan motif print dengan inspirasi dari meriahnya festival Ramadhan dengan sedikit sentuhan aliran seni psychedelics. Koleksi Peace, Love and Raya terdiri dari dua versi yang dirilis secara terpisah, versi yang lebih feminin dan juga versi lebih edgy dan chic bagi yang menyukai setelan set.

Sementara itu, koleksi Nona X Peony kali ini meluncurkan sepatu dan sandal berbahan velvet dan aksen berlian yang memberikan kesan mewah.
Noore - Night Run Collection (ANTARA/HO-Hypefast)


Noore - Night Run Collection
​​​​​​​

Sebagai jenama sport modest wear, Noore turut mengeluarkan busana khusus untuk Anda yang suka berolahraga. Tentunya di saat Ramadhan pola olah raga kebanyakan orang berganti menjadi malam hari.
​​​​​
Ini lah yang membuat Noore mengeluarkan koleksi Noore Night Run Collection dengan warna-warna cerah yang cocok untuk olahraga malam hari. Koleksi ini terdiri dari empat artikel dengan versi lengan panjang dan lengan pendek. Warna-warna yang dihadirkan terdiri dari kombinasi kuning dengan coklat, serta hijau dengan putih.
 
Nona Rara Batik - Rayya Collection (ANTARA/HO-Hypefast)


Nona Rara Batik - Rayya Collection
​​​​​​​

Busana wastra tidak hanya digunakan saat acara formal. Busana wastra atau etnik seperti batik pun bisa menjadi pilihan Anda untuk lebaran kali ini.

Salah satu jenama lokal Nona Rara Batik memiliki koleksi yang patut dipertimbangkan untuk busana lebaran kali ini.

Edisi Ramadhan ini, Nona Rara Batik meluncurkan 3 koleksi di bulan April ini. Koleksi yang mendapat sorotan adalah Rayya Collection yang mengandalkan batik cap permen khas Cirebon ini dan terdiri dari 27 produk.

Berbahan dasar kain dobi dengan paduan manis kain brokat serta warna-warni khas batik yang bold dan tone cocok untuk menemani aktivitas lebaran Anda tahun ini. Selain Rayya Collection, Nona Rara juga mengeluarkan koleksi “Pitik Mudik” kolaborasi dengan Aphrodita Wibowo atau yang akrab disapa Mbak Dita dari Cemprut (@cemprutindiecraft), serta koleksi yang mengusung wastra tenun bali dengan hiasan bordir ala kain songket (songket bali).

Semua koleksi Nona Rara Batik merupakan hasil karya perajin batik lokal yang menjadi mitra dari jenama ini.
 
AGNI - Soiree untuk Hari Raya (ANTARA/HO-Hypefast)


AGNI - Soiree untuk Hari Raya

jenama lokal yang baru rilis di awal September lalu, berani bermain warna yang lembut dan mencolok dengan potongan kaos lengan panjang, busana potongan sederhana, celana panjang dan rok yang dibuat dari material yang nyaman saat dipakai.

Konsumen bisa memadupadankan gaya busana agar setiap hari bisa tampil lebih modis. Busana ini pun dapat menjadi pilihan busana santai selama bulan Ramadhan.

AGNI membuat koleksi lebaran yang bernama “Soiree” yang berarti berkumpul bersama dengan maksud untuk mengingatkan tentang kesenangan dan kebahagiaan yang dapat tercipta dalam pertemuan sederhana selama berkumpul dengan orang-orang terkasih.

Mencoba menangkap semangat hari Raya, koleksi Soiree membawa palet warna-warni yang menyenangkan dari pastel dan warna-warna putih, lavender, magenta, krem serta hijau yang dicampur secara harmonis. Secara keseluruhan, koleksi ini terinspirasi dari sayap kupu-kupu dan gerakannya yang indah saat terbang dengan anggun di udara.
 
Sideline - Koleksi “Manisan Lebaran” (ANTARA/HO-Hypefast)


​​​​​​​Sideline - Koleksi “Manisan Lebaran”

Koleksi “Manisan Lebaran” merupakan lambang feminin dengan tampilan yang memancarkan aura romantis. Dengan perpaduan tirai yang nampak anggun dan potongan halus memberikan hasil akhir menarik pada ansambel warna-warni bumi dan pastel.

Sideline meluncurkan koleksi Hari Raya yang mengacu pada gaya perayaan Lebaran dengan memainkan tunik bermotif satin yang dipasangkan dengan luar organza. Perpaduan pola yang menyenangkan dalam warna-warna pastel, koleksi Sideline kali ini juga menggunakan model cetakan mozaik untuk memberikan sentuhan elegan.

Karakter utama Koleksi Manisan Lebaran hadir dengan gaun dan blus soraya yang cantik dan potongan premium berpadu dengan sablon mozaik yang akan melengkapi perayaan hari Raya Lebaran. Koleksi ini dikerjakan dengan cetakan mozaik klasik yang dipasangkan dengan satin dengan potongan elegan berpadu dengan tepi dan pola bergigi yang terinspirasi dari zaman Renaisans.

Baca juga: Wardah gandeng empat desainer di Indonesia Fashion Week 2022
 
Wearstatuquo - Effervescent Collections (ANTARA/HO-Hypefast)


​​​​​​​Wearstatuquo - Effervescent Collections
​​​​​​​

Wearstatuquo selalu menciptakan kreativitas mode yang unik nan modis dalam setiap koleksi yang dikeluarkan. jenama lokal ini selalu memperhatikan tren masa kini serta mempertahankan kualitas yang dapat disandingkan dengan jenama-jenama asal luar negeri. Melihat momen Lebaran, Wearstatuquo menciptakan mode busana yang berkualitas dengan gaya yang minimalis namun tetap nampak elegan untuk digunakan sehari-hari maupun acara spesial.

Dengan gaya busana muslim yang modern, Wearstatuquo mengangkat tema Effervescent: Raya Collection yang telah rilis pada 8 April 2022, bertujuan untuk memperlihatkan betapa lembut dan khidmat bulan suci Ramadhan karena kita semua bisa merasakan kegembiraan bersama orang-orang terkasih di mana saja dan kapan pun.

Koleksi kali ini membawa dua gaun dengan siluet kaftan dan tunik, satu atasan dan satu bawahan berbahan katun dengan menampilkan warna kalem seperti putih, abu-abu dan biru lembut sebagai simbol ketenangan, kebahagiaan, dan kedekatan kita dalam menyambut hari Raya ini walaupun masih berada dalam situasi pandemi.
 
Nyonya Piyama - Reya for Ramadhan (ANTARA/HO-Hypefast)


Nyonya Piyama - Reya for Ramadhan

Walaupun menyediakan sleepwear, Nyonya Piyama pun turut mengeluarkan koleksi khusus raya. Kali ini Nyonya Piyama meluncurkan Reya For Ramadhan yang sudah tersedia di marketplace pada 28 April 2022.

Koleksi ini dirancang agar nyaman untuk ibu menyusui dengan bahan rayon yang sejuk. Nyonya piyama memang mencoba mengubah stigma pakaian tidur yang hanya bisa digunakan di rumah dan dinilai tidak cocok untuk kegiatan di luar rumah.
 
Nyonya Nursingwear - Sabreen (ANTARA/HO-Hypefast)


Nyonya Nursingwear - Sabreen

Bagi yang mencari koleksi seragam untuk keluarga, koleksi raya “Sabreen” dari Nyonya Nursingwear bisa menjadi pilihan Anda. Koleksi ini merupakan koleksi kolaborasi dengan VAIA, jenama lokal untuk alas kaki wanita. Koleksi ini terinspirasi dari ginkgo leaves yang berarti sebuah harapan, melalui koleksi ini Nyonya Nursingwear berharap agar semua ibu dapat selalu hidup bahagia bersama dengan keluarga.

Memiliki tampilan yang modis, koleksi ini juga menghadirkan kancing dan belahan di bagian depan sehingga memudahkan ibu untuk menyusui. Sabreen terdiri dari berbagai warna nude seperti hijau, merah bata, coklat, dan hijau yang memberikan penampilan natural namun tetap memikat.
 
BohoPanna - Raya Collection (ANTARA/HO-Hypefast)


BohoPanna - Raya Collection
​​​​​​​

Salah satu jenama lokal fesyen anak BohoPanna menghadirkan koleksi lebaran pertama dalam Raya Collection. Koleksi ini menghadirkan warna koleksi berwarna yang dikombinasikan dengan motif-motif. Raya Collection terdiri dari 2 koleksi, untuk laki-laki terdapat Ibrahim Set dan perempuan terdapat Tamara Set.

Baca juga: Kiat padu padan busana si kecil untuk hari Lebaran

Ibrahim Set hadir dengan pattern square dan garis-garis sederhana, koleksi ini terdiri baju peci mulai dari warna pelangi, merah dan olive. Sementara Tamara Set terdiri dari baju, kerudung dan tas dengan motif bunga-bunga serta hadir dengan berbagai warna pastel yang lebih kalem dan cantik seperti aster, daisy, jasmine hingga springs.
 
Sabine and Heem - Lebaran Lebaran Club Series (ANTARA/HO-Hypefast)


​​​​​​​Sabine and Heem - Lebaran Lebaran Club Series
​​​​​​​

Hadirkan pakaian lebaran anak dengan tema retro, jenama lokal Sabine and Heem luncurkan koleksi Lebaran Lebaran Club series yang merupakan koleksi kolaborasi bersama illustrator muda Annisa Yumna. Koleksi ini menghadirkan ikon khas raya yaitu ketupat yang menjadi motif khusus untuk koleksi kali ini.

Dengan desain yang unik, dan bergaya, koleksi ini akan menjadikan anak sebagai pusat perhatian. Dengan bahan 100 persen breathable cotton memberikan kenyamanan dan mudah menyerap keringat, sehingga anak dapat bebas bergerak tanpa takut kepanasan dan kulit gatal.

Keunikan lain koleksi ini adalah menampilkan beragam gambar dari Annisa Yumna yang lucu dan penuh karakter yang selaras ketika dipadukan dengan warna pakaian yang netral.
Soleram - EIDPHORIA (ANTARA/HO-Hypefast)


​​​​​​​Soleram - EIDPHORIA

Jenama lokal fesyen anak, Soleram meluncurkan koleksi raya "EIDPHORIA" dengan tampilan klasik & vintage yang tetap kasual. Koleksi ini bermain dengan berbagai palet warna seperti earthy yang didominasi warna hijau dan kecoklatan; neutral dengan dominasi warna putih, khaki, dan beige serta palet warna hangat dengan dominasi warna cinnamon dan coklat.

Melalui koleksi ini Solerammenghadirkan atasan, bawahan, luaran, aksesoris hingga sepatu dengan berbagai pilihan warna yang mudah dipadu-padankan dan membuat tampilan anak menggemaskan serta modis.

Baca juga: Sambut lebaran, Uniqlo buat program donasi pakaian bekas layak pakai

Baca juga: Athan Siahaan pukau pecinta fesyen di Indonesia Fashion Week 2022

Baca juga: Intip pilihan baju Lebaran ala aktris cilik Hadijah Shahab

Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022