Ambon (ANTARA News) - Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono direncanakan akan membuka Perkemahan Wirakarya X Gerakan Pramuka Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) se-Indonesia tahun 2011 di Ambon 21 November 2011.

Ketua Panitia Pelaksana PW X Pramuka PTAI se-Indonesia, Ismail Rumadan, di Ambon, Kamis, membenarkan kesediaan Menko Kesra untuk membuka kegiatan yang akan berlangsung Bumi Perkemahan Al-Mulk, IAIN Ambon, kawasan Kebun Cengkeh dan diikuti peserta PTAI dari 33 provinsi itu.

"Menko Kesra Agung Laksono sudah menyatakan kesiapan membuka kegiatan yang diikuti peserta dari 33 provinsi ini dan akan berlangsung 21-30 November 2011," katanya.

Menurutnya, sebenarnya Panitia pelaksana melalui Pemprov Maluku dan dan Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, meminta kesediaan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membuka kegiatan perkemahan tersebut, tetapi Presiden berhalangan dan mewakilkan kepada Menko Kesra.

Menko Kesra Agung Laksono, ujarnya akan didampingi Menteri Agama Suryadharma Ali saat membuka kegiatan perkemahan dua tahunan itu.

Sebanyak 2.000 peserta dari 53 PTAI di 33 provinsi dan sejumlah perguruan tinggi di Maluku, telah menyatakan kesediaan mengikuti kegiatan tersebut, di mana dampaknya akan mengembalikan citra Ambon dan Maluku pada umumnya sebagai daerah yang aman.

Dia mengatakan, sebagian peserta dari luar telah berdatangan di Ambon dan diperkirakan seluruh kontingen telah berada di ibu kota provinsi Maluku itu pada Jumat (18/11).

"Seluruh infrastruktur penunjang kegiatan ini telah selesai dikerjakan, diantaranya ruas jalan menuju lokasi perkemahan sudah diaspal, lapangan upacara. Saat ini mulai dipasang tenda yang akan digunakan masing-masing kontingen di atas perbukitan," katanya.

Pihaknya, tandas Ismail Rumadan mendapat bantuan 30 unit tenda dari TNI dan 20 unit lainnya dari Dinas Sosial Maluku, yang digunakan sebagai hunian peserta juga untuk keperluan pameran.

Pelaksana Harian Rektor IAIN Ambon Hasbullah Toisutta mengatakan peserta dari PTAI seluruh Indonesia mencapai 1.000, sedangkan 1.000 lainnya dari perguruan tinggi lokal non PTAI dan siswa SMA/SMK di Pulau Ambon.

"Kehadiran para peserta dari berbagai daerah di Indonesia menunjukkan bahwa mereka percaya kondisi keamanan di Ambon telah pulih dan normal, serta jalinan kerukunan dan keharmonisan hidup antarumat beragama telah terjalin dengan baik," katanya.

Sedangkan Wagub Maluku, Said Assagaff menegaskan, penyelenggaraan PW ke-X PTAI se-Indonesia akan menjadi bagi barometer pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-XXIV dijadwalkan di Ambon pada Juni 2012.

"Jika kegiatan ini sukses, Insya Allah MTQ XXIV yang akan diikuti sekira 4.000-an kafilah juga akan berhasil," kata Wagub.

Assagaff mengatakan, dipilihnya IAIN Ambon sebagai tuan rumah pelaksanaan perkemahan tersebut oleh Dirjen Tinggi Islam Kementerian Agama menunjukan kepercayaan pemerintah pusat kepada Provinsi Maluku.

Kegiatan yang dipusatkan di bumi perkemahan Al Mulk IAIN Ambon itu juga akan dimeriahkan oleh paduan suara dari Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri (STAKPN) Ambon yang berpartisipasi menyanyikan lagu-lagu mars dan hymne pramuka.

Selain itu, tarian katreji juga akan disuguhkan para mahasiswa nonmuslim itu sekaligus memperkenalkan budaya Maluku kepada peserta perkemahan.

(T.KR-JA/B013)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011