Jambi (ANTARA) - Kapolda Jambi Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo melakukan pengecekan Pos Pengamanan Operasi Ketupat Siginjai 2022 dan jalur mudik perbatasan Provinsi Jambi-Provinsi Sumatera Barat di Kabupaten Bungo.

Kabid Humas Polda Jambi Kombes Pol Mulia Prianto di Jambi, Jumat, menjelaskan pengecekan tersebut guna melihat kesiapan dan kelengkapan para personel dalam melaksanakan Operasi Ketupat 2022 yang telah mulai dilakukan pada Kamis (28/4) dan berakhir pada 9 Mei mendatang.

Dalam pengecekan tersebut, katanya, Kapolda Rachmad Wibowo menilai pospam di Bungo sebagai bagus dan personel siap melaksanakan Operasi Ketupat di daerah itu.

"Target kita tahun ini adalah bisa nol kejadian dan kita harapkan benar-benar tahun ini nihil, dengan melakukan berbagai langkah-langkah strategis seperti membagikan bendera, menyiapkan alat pembaca kecepatan kendaraan di titik rawan kecelakaan serta memperbanyak rambu-rambu yang bisa tampak jelas oleh pengendara," kata Mulia Prianto.

Kapolda Rachmad Wibowo mengimbau pemudik menjaga ketahanan fisik dalam perjalanan. Setelah 3-4 jam perjalanan mereka harus beristirahat agar konsentrasi mengemudi tetap terjaga.

Baca juga: Seribu lebih pemudik tiba dan berangkat dari bandara di Jambi

Sebelum berangkat mudik, katanya, warga juga harus mengecek dengan teliti kondisi kendaraan agar layak untuk perjalanan jauh, sedangkan kapasitas kendaraan disesuaikan dengan jumlah orang dan barang yang dibawa agar tidak membahayakan di perjalanan.

Ia juga mengharapkan Operasi Ketupat 2022 berjalan dengan lancar dan tidak terjadi kecelakaan lalu lintas, terutama di daerah itu.

Hadir dalam peninjauan pospam, antara lain Karo Ops Polda Jambi Kombes Pol Feri Handoko, Dirlantas Polda Jambi Kombes Pol Dhafi, dan Kapolres Bungo AKBP Guntur Saputro.

Waka Polda Jambi Brigjen Pol Yudawan R. melakukan pengecekan Pos Pelayanan (Posyan) Operasi Ketupat Siginjai 2022 di Desa Suka Maju, Kecamatan Geragai, Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Sebelumnya, ia memberikan arahan kepada seluruh pejabat Polres Tanjung Jabung Timur dan Satgas Operasi Ketupat 2022 di Aula Sanika Satyawada Polres Tanjung Jabung Timur.

Ia menjelaskan kunjungan itu untuk mengecek kesiapan personel yang bertugas di perbatasan Tanjung Jabung Timur dan Kabupaten Muaro Jambi.

Baca juga: Polda Jambi pastikan jalur mudik di wilayahnya aman
Baca juga: Jalan Lintas Timur Palembang - Betung kembali lancar
 

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022