Kami selalu menginformasikan kepada pemudik agar memastikan kecukupan uang elektronik
Cilegon, Banten (ANTARA) - Pihak pengelola tol Tangerang-Merak PT Marga Mandalasakti (MMS) menyatakan bahwa jumlah kendaraan keluar dari Gerbang Tol (GT) Merak naik 63,53 persen pada H-4 Lebaran atau dari Kamis (28/4) pukul 07.00 WIB hingga Jumat (29/4) pada jam yang sama.

"Per-28 April, kendaraan yang keluar dari GT Merak sebanyak 14.772 unit atau naik 63,53 persen dibandingkan rata-rata harian yaitu 9.033 kendaraan," ujar Kepala Departemen Manajemen CSR dan Humas Astra Toll Tangerang-Merak PT MMS Uswatun Hasanah kepada Antara di Banten, Jumat.

Dari jumlah itu, Uswatun melanjutkan, kendaraan golongan satu menjadi yang paling dominan yakni 91,45 persen.

Kepadatan kendaraan itu, menurut dia, terjadi karena adanya penambahan secara masif volume kendaraan yang menuju Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten. Peningkatan trafik kendaraan juga terjadi di Gerbang Tol Cikupa, yang menjadi pintu masuk utama menuju Gerbang Tol Merak.

Baca juga: Pemudik motor Pelabuhan Merak hindari macet dengan "blusukan"

Baca juga: Polda Banten berlakukan skenario "merah" pada puncak arus mudik


Pada rentang waktu yang sama, jumlah kendaraan yang memasuki Gerbang Tol Cikupa naik 18,75 persen, dari 44.571 unit dalam kondisi biasa menjadi 52.929 unit. Kendaraan sepanjang tanggal 28 April 2022 di GT Cikupa juga mayoritas berasal dari golongan satu yaknu sebanyak 88,35 persen.

Demi memperlancar arus transportasi, pihak pengelola menyebut bahwa kepolisian sudah melakukan beberapa cara seperti membuka-tutup gardu satelit (tambahan) di Gerbang Tol Cikupa.

Kemudian, ketika ekor antrean dari Gerbang Tol Merak sudah mencapai Gerbang Tol Cilegon Timur, maka diterapkan pengalihan arus ke Gerbang Tol Serang Barat.

"Sedangkan kami selalu menginformasikan kepada pemudik agar memastikan kecukupan uang elektronik agar tidak terjadi gangguan saat transaksi yang bisa menambah antrean kendaraan. Selain itu, kami juga mengimbau pengguna jalan tol supaya memanfaatkan 'rest area' untuk beristirahat," tutur Uswatun.

Baca juga: ASDP tambah kapal antisipasi puncak arus mudik

Baca juga: 20 ribu kendaraan diprediksi lewati GT Merak saat puncak mudik

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022