Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Perhimpunan Negara Asia Tenggara (ASEAN) pada hari kedua Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-19 ASEAN di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Jumat, menggelar pertemuan dengan para mitranya di kawasan Asia Pasifik.

Menurut Informasi dari Biro Pers dan Media Rumah Tangga Kepresidenan, rangkaian pertemuan ASEAN dan mitra kawasan itu akan dipimpin oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono selaku Ketua ASEAN 2011 yang dimulai pada pukul 08.30 WITA.

Pertemuan pertama adalah antara pemimpin negara anggota ASEAN dengan Perdana Menteri China Wen Jiabao sekaligus memperingati 20 tahun hubungan kerja sama ASEAN-China.

Dalam pertemuan itu , akan dibahas upaya China dan ASEAN dalam menjaga stabilitas, keamanan, dan perdamaian di kawasan, termasuk di wilayah Laut China Selatan. Pertemuan itu juga akan membahas arah kerja sama dialog ASEAN-China, termasuk kemajuan dari pelaksanaan rencana aksi pernyataan bersama tentang kerja sama kedua pihak pada 2011-2015.

Pertemuan ke-14 pemimpin negara anggota ASEAN dengan China yang dijadwalkan berlangsung sekitar satu jam itu akan ditutup dengan peresmian ASEAN-China Center yang dibentuk guna mendukung peningkatan kerja sama kedua pihak dalam bidang perdagangan, investasi, pariwisata, pendidikan, dan kebudayaan.



Jepang

Pertemuan kedua adalah antara pemimpin negara ASEAN dengan PM Jepang Yoshihiko Noda yang membahas kerja sama keterhubungan ASEAN, peningkatan ekonomi dan perdagangan, serta upaya memperkecil kesenjangan pembangunan di antara negara-negara ASEAN.

Sedangkan dalam pertemuan ketiga antara pemimpin negara anggota ASEAN dengan Presiden Korea Selatan Lee Myung-Bak akan dibahas kerja sama dalam bidang keterhubungan ASEAN, pertumbuhan ekonomi yang berbasis lingkungan, masalah perdagangan, dan juga pengurangan kesenjangan pembangunan di antara negara anggota ASEAN.

Pada Jumat pukul 14.00 WITA juga akan digelar KTT ke-14 ASEAN+3 yang melibatkan tiga mitra ASEAN di Asia Timur, yaitu China, Jepang, dan Korea Selatan. Pertemuan tersebut akan membahas pendalaman kerja sama di bidang pertahanan dan keamanan sebagai bagian dari upaya menjaga keamanan dan perdamaian kawasan.

Selain itu, juga dibahas kemajuan dari pelaksanan rencana kerja sama ASEAN+3 hingga 2017.

Pertemuan para pemimpin negara ASEAN dengan tiga mitranya di kawasan Asia Timur itu juga akan ditandai dengan peresmian Macroeconomic Research office (AMRO), penandatanganan perjanjian ASEAN Plus Three Emergency Rice Reserve (APTERR), dan peluncuran ASEAN Coordinating Centre for Humanitarian Assistance on disaster management (AHA Centre).

Pertemuan para pemimpin negara ASEAN dengan mitra kerjanya akan diakhiri dengan pertemuan ke-3 ASEAN-Amerika Serikat pada pukul 16.30 WITA. Dalam pertemuan yang dihadiri Presiden AS Barack Obama itu akan dibahas upaya peningkatan kerja sama ASEAN-AS pada tingkat strategis termasuk pembentukan ASEAN-US Eminent Person Group.

Kedua pihak dalam pertemuan itu akan fokus pada perkembangan reformasi politik di Myanmar, pembentukan Kawasan Bebas Nuklir ASEAN, serta kerja sama memberantas terorisme. Selain itu, juga akan dibahas upaya pemulihan ekonomi global, ketahanan pangan dan energi, dan juga pencapaian tujuan pembangunan milenium, serta upaya pengurangan kesenjangan di antara negara-negara anggota ASEAN.

Rangkaian kegiatan KTT ke-19 ASEAN di Nusa Dua, Bali, pada Jumat akan ditutup dengan jamuan makan malam pada pukul 20.00 WITA di BNDCC yang digelar oleh Presiden dan Ani Yudhoyono sebagai tuan rumah untuk menghormati para tamu. (D013/A011)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011