Jakarta (ANTARA) - Bintang gaek Phoenix Suns Chris Paul menorehkan rekor tembakan playoff NBA dengan keberhasilan 14 kali menemui sasaran dari 14 kali percobaan terbuka saat membimbing timnya mengalahkan New Orleans Pelicans 115-109 dalam Gim 6 putaran pertama Wilayah Barat di Smoothie King Center, Louisiana, Kamis setempat (Jumat WIB).

Menurut situs resmi NBA, Paul menjadi pemain pertama dalam sejarah yang melepaskan 13 atau lebih percobaan tembakan dan tak meleset sekali pun di sebuah pertandingan fase playoff.

Secara rinci dari 14 percobaan tembakan yang dilancarkan sepanjang gim tersebut, hanya satu di antaranya dilepaskan Paul dari luar busur.

Paul juga berhasil memanfaatkan empat dari empat kesempatan lemparan bebas untuk membukukan total 33 poin disertai delapan assist dan lima rebound.

"Kota ini membesarkan saya, Bung," kata Paul selepas pertandingan seperti dikutip dari situs resmi NBA, Jumat.

Baca juga: Suns raih kemenangan saat Chris Paul cetak sejarah assist NBA
Baca juga: Chris Paul pimpin Suns kantungi Gim 3 114-111 atas Pelicans


Musim ini Paul memiliki kontribusi rata-rata 14,7 poin, 4,4 rebound, 10,8 assist (tertinggi di NBA 2021-22), serta 1,9 steal. Ia juga cuma kedapatan 2,4 kali kehilangan bola atau melakukan turnover dalam 65 pertandingan disertai tingkat konversi tembakan terbuka 49,3 persen dan 31,7 persen dari luar busur.

Paul tidak semata-mata menjadikan Gim 6 sebagai panggung pertunjukan individualnya, sebab hasil kali ini memastikan langkah Suns ke babak semifinal Barat setelah memenangi seri 4-2 atas Pelicans.

Di semifinal Suns akan bertemu Dallas Mavericks yang belakangan juga mengunci kemenangan 4-2 atas Utah Jazz.

Suns akan menjadi tuan rumah dua gim pertama semifinal Barat menjamu Mavericks di Footprint Center pada Senin (2/5) dan Rabu (4/5) waktu setempat.

Baca juga: Playoff NBA: Sixers, Suns dan Mavericks lanjut ke semifinal wilayah
Baca juga: Stephen Curry cetak 30 poin saat Warriors singkirkan Nuggets
Baca juga: Giannis Antetokounmpo bawa Bucks menangi Gim 5 atas Bulls

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022