Kami imbau pemudik yang masuk di rest area selama 30 menit
Boyolali (ANTARA) - Kendaraan arus mudik yang melintas tol jalur Semarang-Solo di Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah, pada H-3 Lebaran 2022 cukup padat tetapi tetap berjalan lancar.

Berdasarkan pantauan arus mudik kendaraan di Jalur Tol Semarang-Solo di Boyolali, Jumat, hingga pukul 12.00 WIB suasana arus kendaraan yang datang dari arah barat (Semarang) menuju Solo di Boyolali terlihat cukup rapat atau padat, tetapi tetap lancar.

Kendaraan yang melintas dari arah barat (Semarang) sebagian besar berplat nomor luar kota seperti asal Semarang, Jakarta, Bandung, Banten dan bahkan dari Sumatera sudah banyak yang melintas di Boyolali. Kendaraan mayoritas mobil pribadi itu, dengan kecepatan diperkirakan rata-rata di atas 70 kilometer per jam.

Bahkan, pihak pengelola ruas tol Semarang-Solo juga membuka gerbang keluar tol untuk pembayaran lebih banyak dibanding yang masuk tol. Keluar tol tiga pintu pembayaran berbanding satu yang masuk tol di pintu keluar tol Mojosongo Boyolali.

Bahkan, di Rest Area Tol KM 487 A Boyolali juga terpantau penuh kendaraan pribadi pemudik yang masuk parkir terutama jam-jam waktu shalat dan istirahat makan atau saat menjelang berbuka puasa.

Baca juga: Arus mudik jalan tol Semarang-Solo ramai lancar

Baca juga: 32 "mobile reader" disiagakan di gerbang tol Banyumanik


Menurut Ipda Wahyu Suhartanto salah satu perwira Pos Pelayanan Rest Area Tol KM 487 A di Boyolali arus mudik kendaraan di jalur Tol Semarang-Solo di Boyolali cukup padat, tetapi lancar.

Namun, jumlah kendaraan yang masuk ke rest area Tol KM 487 A di Boyolali sejak Kamis (28/4) sore hingga sekarang mengalami peningkatan. Bahkan, kendaraan sampai terjadi parkir di luar rest area ini. Karena, kantong parkir di rest area tol KM 487 A Boyolali ini, hanya mampu menampung sekitar 80 kendaraan kecil.

Menurut Wahyu untuk mengantisipasi supaya tidak terjadi kepadatan di rest area Tol KM 487 A Boyolali dengan sistem buka tutup. Jika kantong parkir sudah mulai penuh ditutup sehingga pemudik dapat mencari tempat parkir yang lain.

"Kami juga menetapkan batas waktu pemudik yang parkir di rest area Tol KM 487 A dengan waktu 30 menit. Hal ini, juga diumumkan setiap saat melalui pengeras suara oleh petugas. Setiap pengunjung yang sudah 30 menit agar segera meninggalkan rest area dan diganti pengunjung yang lain," katanya.

Sementara itu, Kepala Polres Boyolali AKBP Asep Mauludin mengatakan di tol Boyolali memiliki dua rest area, yakni rest area KM 487 A dan rest area 487 B. Masing masing rest area A dan B ini memiliki daya tampung 50 kendaraan.

"Kami imbau pemudik yang masuk di rest area selama 30 menit, karena daya tampung terbatas, maka bagi yang sudah beristirahat selama 30 menit dapat melanjutkan perjalanan kembali," kata Kapolres.

Baca juga: Tol Bawen-Salatiga sudah bisa digunakan saat mudik

Baca juga: Ganjil-genap dan satu jalur dari Karawang ke Semarang mulai diterapkan

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022