Jakarta (ANTARA News) - Mantan Atlet Indonesia meminta pemerintah melibatkan pihak swasta guna kelanjutan pembinaan masa depan para olahragawan.

"Kiranya, para atlet yang sekarang berprestasi ini juga dibina untuk mempersiapkan hari tuanya. Hal ini penting mengingat umur atlet yang cukup pendek dan keadaan saat ini banyak mantan atlet Indonesia yang hidupnya tidaklah seindah karirnya dulu", kata Anton Sanjoyo pengamat olahraga di Jakarta, Jumat.

Dikatakannya, pembinaan dapat dilakukan selagi mereka aktif sebagai atlet sehingga nantinya akan lebih siap di masa pensiunnya.

"Pemerintah sendiri tidaklah cukup, perlu digiatkan peran swasta seperti Yayasan Olahragawan Indonesia untuk pembinaan dalam persiapan masa pensiun atlet," katanya.

Adapun langkah pembinaan awal yang dapat dilakukan pemerintah dan pihak swasta adalah seperti pengetahuan tentang lembaga investasi yang bisa dipercaya, pengelolaan keuangan dan pelatihan kewiraswastaan.

"Nantinya para atlet memiliki kemampuan dan tetap memiliki kehidupan yang baik meski sudah pensiun," katanya.

Di sisi lain, Pemerintah juga harus merevisi atau membuat UU olah raga yang menjamin kehidupan atlet dan mantan atlet.

Seperti halnya dari penyediaan lapangan kerja, pembinaan sebagai pelatih atau menanggung biaya sekolah atau kuliah.

"Jadi, segalanya sudah dipersiapkan oleh pemerintah dengan dibantu pihak swasta. Sehingga para atlet akan tetap mendapat perhatian," katanya.

Hal senada disampaikan Yayuk Basuki, mantan petenis nasional mengatakan dalam pemberian bonus bagi atlet, sebaiknya 50 persen dalam bentuk uang dan 50 persen untuk persiapan masa pensiun.

Dana tersebut nantinya dapat digunakan untuk pendidikan sebagai pelatih di cabang masing-masing, edukasi atlet tentang penglolaan keuangan, dan tentang peluang bisnis," kata Yayuk.

"Jika para atlet telah dibekali dengan pembinaan ini, maka mereka mempunyai bayangan untuk menyusun rencana kedepannya, kekhawatiran akan hari tua pun tidak akan mengganggu fokus pengejaran prestasi mereka saat ini" kata Yayuk.

Yayuk juga mengatakan bila dalam beberapa tahun belakangan ini Indonesia mengalami kemunduran prestasi maka SEA Games XXVI 2011 ini, atlet tim nasional Indonesia dapat meraih juara umum.

"Lebih jauh, perhelatan SEA Games XXVI 2011 ini dapat menjadi tonggak awal kebangkitan olahraga di Indoensia," katanya. (ANT/154/E001)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011