Purbalingga (ANTARA) - Kepolisian Resor Purbalingga, Jawa Tengah, mengingatkan pemudik untuk beristirahat secara berkala selama perjalanan guna menghindari kelelahan saat berkendara.

"Kami mengimbau pemudik untuk segera beristirahat jika sudah merasa lelah," kata Kapolres Purbalingga AKBP Era Johny Kurniawan di Purbalingga, Jumat.

Kapolres juga mengimbau pemudik yang melintasi wilayah ini untuk memanfaatkan "rest area" yang tersedia jika ingin beristirahat.

"Kami juga mengingatkan para pemudik yang datang dari arah utara dan melintasi Kabupaten Purbalingga, untuk bisa memanfaatkan 'rest area' di pos pengamanan terpadu wilayah Karangreja untuk beristirahat," katanya.

Baca juga: Polda Jateng siagakan tim urai cegah kemacetan arus mudik

Hal tersebut, kata dia, diperlukan mengingat jalan raya di wilayah Karangreja merupakan jalur yang rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

"Untuk wilayah Purbalingga jalur Karangreja merupakan daerah rawan kecelakaan karena kondisi jalan yang terus menurun mulai dari Kabupaten Pemalang. Oleh karena itu, kami mengingatkan kepada pemudik yang melintas agar memanfaatkan tempat yang disediakan di wilayah Karangreja untuk beristirahat," katanya.

Dia menambahkan bahwa bagi pemudik yang berhenti di "rest area" wilayah Karangreja dapat beristirahat sejenak sekaligus mendinginkan mesin dan rem.

"Dengan demikian, diharapkan saat melewati jalur yang terus menurun kondisi pengemudi maupun kendaraan sudah jauh lebih fit," katanya.

Baca juga: Arus mudik di ruas Wangon-batas Jabar lancar

AKBP Era Johny Kurniawan menambahkan di tempat istirahat tersebut pihaknya juga menyediakan pelayanan bengkel dan pengisian bahan bakar yang bisa dimanfaatkan oleh pemudik.

"Sambil beristirahat bisa mengecek kondisi kendaraan di bengkel yang disediakan maupun menambah bahan bakar jika sudah kehabisan," katanya.

Pihaknya juga mengingatkan pemudik untuk tetap mematuhi aturan lalu lintas maupun ketentuan mudik yang dikeluarkan oleh pemerintah.

"Dengan demikian, diharapkan aktivitas mudik akan bisa berjalan dengan aman, lancar dan juga sehat," katanya.

Baca juga: Ada peningkatan pemudik masuk jalur pantura timur di Kudus

Sementara itu, Kapolres juga menambahkan dirinya telah meninjau secara langsung sejumlah pos pengamanan terpadu Operasi Ketupat Candi 2022 di Kabupaten Purbalingga.

"Sejauh ini semua aktivitas perjalanan mudik yang melintasi Purbalingga berjalan dengan baik dan kondusif," katanya.

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022