Malam ini, KM Ciremai akan diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta dan rencananya akan dilepas Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi
Jakarta (ANTARA) - Kapal laut KM Ciremai mengangkut pemudik sepeda motor tujuan Semarang dan Surabaya sebagai upaya Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub bersama PT Pelni (Persero) memberikan fasilitas transportasi secara gratis, namun aman dan nyaman.

"Malam ini, KM Ciremai akan diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta dan rencananya akan dilepas Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi," kata Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Laut Capt Mugen S Sartoto dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Sebelumnya, KM. Dobonsolo juga telah mengangkut ratusan pemudik sepeda motor tujuan Semarang dan Surabaya.

Dikatakan, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut bersama Pelni pada tahun ini kembali mengadakan mudik gratis sepeda motor naik kapal laut.

Masyarakat pengguna sepeda motor yang hendak melaksanakan perjalanan arus mudik atau balik diharapkan dapat memanfaatkan program mudik gratis tersebut.

Dikatakan Mugen, salah satu tujuan utama mudik gratis ini adalah untuk mengurai kepadatan jalan dan mengurangi jumlah pemudik roda dua sehingga dapat meminimalisir angka kecelakaan saat arus mudik atau balik.

"Untuk malam ini, keberangkatan naik kapal KM. Ciremai yang saat ini kuotanya masih ada. Silakan aja masyarakat yang berminat untuk segera mendaftar langsung di terminal penumpang Nusantara Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta dengan membawa persyaratannya," ujarnya.

Adapun kapal tersebut dapat mengangkut 1.250 unit motor dan 2.500 penumpang. Data posko mudik gratis pada Jumat ini pukul 10.00 WIB, jumlah pemudik yang mendaftar online tercatat 907 unit sepeda motor dan 1.985 orang dan yang sudah melakukan verifikasi sebanyak 825 unit sepeda motor dan 1.877 orang.

Mugen mengungkapkan antusias masyarakat dalam mengikuti program mudik gratis ini cukup tinggi. Terbukti dari kuota arus mudik yang saat ini sudah hampir penuh.

Adapun rute yang dilalui untuk mudik gratis sepeda motor 2022 adalah Jakarta-Semarang-Surabaya (arus mudik) dan Surabaya-Semarang-Jakarta (arus balik).

Jadwal mudik rute Jakarta-Semarang-Surabaya dengan KM Ciremai pada 29 April 2022 jam 22.00 WIB.

Sedangkan, jadwal balik rute Surabaya-Semarang-Jakarta dengan KM Ciremai pada 9 Mei 2022 jam 17.00 WIB dan KM Dobonsolo pada 11 Mei 2022 pukul 17.00 WIB

"Untuk info selengkapnya dapat langsung mengakses http://mudikgratis.dephub.go.id/ dan terus memantau akun resmi media sosial @djplkemenhub151," katanya.

Baca juga: Kemenhub lepas 111 bus mudik gratis di Terminal Pulogebang
Baca juga: Kemenhub catat peningkatan pergerakan kendaraan pribadi 141 persen
Baca juga: Kemenhub: Peningkatan penumpang angkutan udara tertinggi hingga H-5

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022