Pulau Punjung (ANTARA) -
Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) menyebut adanya peningkatan arus lalu lintas di jalan nasional daerah itu untuk pemudik dengan kendaraan roda empat memasuki H-3 lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Sejak kemarin sampai hari sudah ada pergerakan tapi masih ramai lancar, belum memicu terjadinya kemacetan," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Dharmasraya, Iptu Sayyid Malik Ibrahim, di Pulau Punjung, Jumat.

Berdasarkan pantauan di lapangan, kata dia selain di jalan nasional sejumlah tempat istirahat atau rest area sudah mulai ramai di waktu tertentu, misalnya saat berbuka dan sahur.

Baca juga: Kapolri tinjau kondisi arus mudik H-3 Lebaran 2022 lewat udara

Keramaian tersebut terpantau di Rumah Makan Umega, Rumah Makan One Gunung Medan, sejumlah SPBU, dan tempat peristirahatan lainnya, lanjut dja.

Ia mengatakan pihaknya pun juga telah menyiapkan strategi dalam menghadap lonjakan arus mudik lebaran, seperti memetakan titik-titik kemacetan.

"Untuk titik kemacetan seperti Pasar Tumpah Pulau Punjung, Pasar Beduk Sikabau, dan berapa titik sudah dilakukan antisipasi, petugas gabungan sudah kita siap kan dititik-titik tersebut," katanya.

Pada mudik lebaran 2022 Polres Dharmasraya mengerahkan ratusan personel gabungan untuk pengamanan arus mudik dan balik lebaran di wilayah setempat, kata dia.

Polres membentuk dua pos pengamanan, masing-masing di Simpang Silago dan Sungai Rumbai, serta satu pos pelayanan di Gunung Medan. Pengaman dengan sandi Operasi Ketupat Singgalang mulia digelar 28 April sampai 9 Meii 2022.

Ia mengimbau agar para pemudik mempersiapkan kondisi kendaraan serta kondisi fisik sebelum melakukan perjalanan mudik. Ini penting guna menciptakan suasana mudik yang tertib, aman, dan lancar.
 
"Oleh karena itu sangat diharapkan kerja sama semua pihak termasuk masyarakat yang akan mudik, dalam menciptakan suasana mudik yang tertib, aman, dan lancar," tambah dia.

Baca juga: Ketum Golkar berangkatkan ratusan peserta mudik gratis
Baca juga: KM Ciremai angkut gratis pemudik sepeda motor dari Tanjung Priok
Baca juga: Polisi: Tiada korban akibat kecelakaan beruntun di tol Tangerang-Merak

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022