arus mudik masih sepi
Penajam (ANTARA) - Suasana arus mudik di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, terpantau masih sepi dan sepanjang jalan poros di daerah itu masih lengang dari pengendara yang melakukan perjalanan mudik.

Pantauan ANTARA di Penajam, Jumat, di Pelabuhan Penyeberangan Feri, Pelabuhan Klotok (kapal kayu) dan speedboat (kapal cepat) maupun di terminal angkutan darat masih terlihat sepi, belum terlihat antrean panjang.

Semua masih dalam keadaan normal, belum ada lonjakan atau peningkatan penumpang yang menunggu keberangkatan, dan arus kendaraan roda dua maupun roda empat di jalan raya masih lengang.

Pergerakan penumpang melalui Terminal Penajam untuk dalam kota dan perdesaan, serta tujuan Penajam-Grogot maupun ke wilayah Tanjung, Kalimantan Selatan, belum terlihat mengalami peningkatan.

Di Pelabuhan Klotok dan kapal cepat hingga saat ini penumpang yang menggunakan kedua jasa angkutan laut tersebut masih normal.

"Jumlah penumpang yang menunggu keberangkatan di terminal masih normal, dan kendaraan roda dua maupun roda empat masih lengang," ujar Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Penajam Paser Utara, Arifin Damis.

Baca juga: Dinas Kesehatan Penajam buka layanan vaksinasi COVID-19 saat mudik
Baca juga: Penajam siapkan Posko Simpatik, dukung kelancaran arus mudik Lebaran

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang akan menggunakan transportasi umum armada darat dan armada laut, Dinas Perhubungan Kabupaten Penajam Paser Utara menyiapkan cadangan armada.

Aktivitas penumpang melalui Pelabuhan Penyeberangan Feri Kabupaten Penajam Paser Utara, juga masih sepi, tidak terlihat antrean panjang kendaraan roda dua maupun roda empat.

Angkutan penyeberangan arah Pelabuhan Kabupaten Penajam Paser Utara ke Pelabuhan Kariangau Kota Balikpapan tersebut masih lengang dan belum ada lonjakan penumpang.

"Arus mudik masih sepi dan sampai saat ini penumpang dan kendaraan yang diangkut kapal feri masih normal," ucap General Manager PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Feri Indonesia Cabang Balikpapan, Cuk Prayitno.

Baca juga: RSUD Penajam tetap beroperasi selama libur Lebaran

Pewarta: Novi Abdi/Bagus Purwa
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022