Jakarta (ANTARA) - Park Jae-sang atau lebih dikenal dengan nama panggung Psy pada Jumat merilis album penuh kesembilannya bertajuk "Psy 9th" dengan total berisi dua belas lagu.

Baca juga: Suga BTS bicara tentang kolaborasi dengan Psy lewat "That That"

"Ini adalah album yang telah saya persiapkan untuk waktu lama, dengan sangat hati-hati," kata Psy dalam acara pers di Seoul, Korea Selatan, dikutip dari Yonhap, Jumat.

Album barunya memiliki lagu utama berjudul "That That", yang diproduksi bersama dan menampilkan Suga BTS. Suga juga terlibat dalam mengaransemen dan menulis lirik untuk lagu tersebut.

"Selain lagu utama, saya membuat video musik atau video penampilan untuk tujuh lagu lainnya," ujarnya.

Ia menambahkan bahwa beberapa video dibuat dua hingga tiga tahun lalu karena mulanya dia mengira akan rilis dalam waktu lebih cepat.

Psy menceritakan bagaimana dia bisa melakukan kolaborasi pertamanya dengan rapper BTS. Pada tahun lalu, cerita Psy, Suga yang menjadi produser Min Yoon-gi menawarkan sebuah lagu untuk dibawakan.

"Saya mendengarkan melodinya dan itu sangat bagus," tuturnya.

Psy mengatakan tawaran Suga untuk berkolaborasi dalam lagu bergaya Latin sangat tepat waktu karena dia ingin keluar dari gaya musik dansa elektronik ikoniknya saat itu. Ia mengaku sangat mengapresiasi Suga karena telah mengunjunginya.

Psy menulis sendiri lirik untuk lagu intro berjudul "9INTRO" yang berisi renungan 22 tahun karier menyanyinya. Album baru juga menampilkan artis papan atas di industri K-pop seperti Sung Si-kyung, Heize, Crush, Tablo dan Hwasa dari girl grup Mamamoo.

“Tujuh musisi muda mengambil bagian dalam album, dan mereka semua dengan senang hati menerima tawaran saya tanpa syarat apapun. Saya sangat bangga bahwa musisi muda berkomunikasi dengan saya tanpa rasa canggung meskipun saya tidak lagi muda," kata Psy.

Sebelumnya, agensi P Nation pada Kamis mengumumkan bahwa video musik "Gangnam Style" (2012) telah menembus lebih dari 4,4 miliar streaming di YouTube. Psy yang meraih ketenaran global berkat video "Gangnam Style".

Lagu "Gangnam Style" menjadikannya artis K-pop pertama yang menduduki peringkat kedua tangga lagu utama di Billboard's Hot 100. Psy menghabiskan total tujuh minggu di posisi tersebut.

"Ini adalah lagu yang sangat spesial bagiku, seperti piala terbesar yang dipajang di sudut kamar saya," kata Psy tentang "Gangnam Style".


Baca juga: Psy akan rilis album studio baru bulan ini

Baca juga: P Nation umumkan Tanaka Koki tak debut bersama LOUD

Baca juga: Psy akan rilis album kesembilan tahun depan

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022