Banjarmasin (ANTARA) - Keberadaan Posko Lebaran 1443 Hijriah yang dibuka sejak H-4 di wilayah Kalimantan Selatan diharapkan agar membantu keselamatan dan membantu kenyamanan para pemudik.

Anggota Komisi III DPRD Kalsel H Ardiansyah di Banjarmasin Jumat, mengatakan petugas posko agar terus mengingatkan pengemudi, baik taksi angkutan penumpang umum maupun mobil pribadi mengingatkan supaya berhati-hati dalam perjalanan, dan turut mendoakan semoga selamat sampai tujuan.

Begitu juga tiap posko agar tersedia tempat peristirahatan guna melepaskan lelah pemudik yang menggunakan mobil pribadi dan sepeda motor serta pelayanan kesehatan, saran Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

"Kita harapkan pula agar petugas posko tetap bersikap manusiawi dalam memberi teguran atau tindakan kalau seandainya terjadi pelanggaran atau kecelakaan lalulintas (lakalantas) yang tentunya tidak kita kehendaki," ujarnya.

Baca juga: KPLP kerahkan kapal patroli Jembio amankan arus mudik perairan Kalsel

Baca juga: Jasa Raharja komitmen percepat penyelesaian santunan selama mudik


Khusus kepada pemudik, terutama yang menggunakan mobil pribadi dan sepeda motor, dia mengimbau atau mengingatkan agar jangan lupa membawa kelengkapan surat menyurat kendaraan supaya tidak merepotkan Polantas.

"Surat menyurat kendaraan itu penting guna lebih memudahkan urusan kalau terjadi sesuatu yang memang tidak kita kehendaki," lanjut dia.

"Kita berharap dan berdoa bersama semoga angkutan Lebaran atau para pemudik pemudik tahun ini tidak mengalami insiden atau kejadian apa-apa, terlebih yang sampai meminta korban jiwa. Na'azubillahi, semoga Allah melindungi kita semua. Aamiin," demikian Ardiansyah.

Sementara dari pantauan di lapangan, mobil taksi angkutan penumpang umum jurusan Banjarmasin - daerah hulu sungai atau "Banu Anam" Kalsel semakin ramai pada H-3 (dengan perkiraan 1 Syawal 1443 H bertepatan 2 Mei 2022).

Demikian pula mobil pribadi dan pemudik yang menggunakan sepeda motor semakin ramai pada H-3, karena bertepatan dengan cuti bersama sehingga pegawai negeri sipil bisa mudik untuk berlebaran bersama keluarga di kampung halaman.

Sedangkan beberapa anak-anak yang kuliah pada perguruan tinggi di Banjarmasin sudah ada yang pulang kampung sepekan lalu, seperti mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin dan Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin.*

Baca juga: 2.116 personel gabungan amankan arus mudik di Kalsel

Baca juga: Klaim santunan Jasa Raharja Kalsel naik selama periode larangan mudik

Pewarta: Imam Hanafi/syamsuddin hasan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022