Batang (ANTARA) - Jajaran Kepolisian Resor Batang, Jawa Tengah, mempersiapkan rekayasa arus lalu lintas kendaraan menuju objek wisata agar tidak terjadi penumpukan kendaraan pada masa mudik Lebaran 2022.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Batang AKP Dhayita Daneswari di Batang, Jumat, mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan survei akses menuju sejumlah objek wisata, seperti Pantai Jodo, Sigandu, Ujungnegoro, dan Pagilaran.

"Akses menuju ke jalur objek wisata memang akan menjadi langganan macet saat Lebaran sehingga kami akan melakukan rekayasa arus lalu lintas di beberapa jalur lokasi tersebut," katanya.

Pada pengamanan tersebut, pihaknya akan berkolaboarasi dengan instansi terkait, seperti Dinas Perhubungan dan Dinas Pariwisata Kabupaten Batang.

Selain itu, pihaknya juga akan memasang rambu-rambu petunjuk untuk memudahkan wisatawan mengetahui akses menuju jalur objek wisata.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Batang Yarsono meyakini perayaan Lebaran 2022 akan berbeda dengan 2 tahun sebelumnya.

"Mudik Lebaran 2022 bisa dipastikan akan timbul kepadatan di sejumlah destinasi wisata. Oleh karena itu, kami bersama personel polres akan melakukan pengamanan di sekitar lokasi objek wisata," katanya.

Yarsono mengimbau pengunjung objek wisata disiplin berlalu lintas agar arus lalu lintas menuju objek wisata berjalan lancar dan aman.

"Kepadatan arus lalu lintas menuju objek wisata dipastikan akan padat sehingga kami mengimbau masyarakat patuh berlalu lintas dan tetap mematuhi protokol kesehatan," katanya.

Baca juga: Arus mudik di Pelabuhan Tanjung Pandan berjalan lancar

Baca juga: Arus Mudik-700 warga diberangkatkan dalam mudik gratis di Sulsel

Pewarta: Kutnadi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022