ada peningkatan tapi belum signifikan
Blitar (ANTARA) - Kepolisian Resor Blitar, Jawa Timur, mengungkapkan saat ini untuk arus mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah di wilayah Kabupaten Blitar masih belum ada peningkatan signifikan.

"Ada peningkatan tapi belum signifikan. Sampai saat ini arus lalu lintas belum kelihatan terjadi kemacetan di simpul-simpul jalan, lancar dan landai," kata Kepala Seksi (Kasi) Hubungan Masyarakat (Humas) Polres Blitar Iptu Udiyono di Blitar, Jumat.

Ia mengatakan, adanya peningkatan kendaraan itu dari berbagai daerah yang menuju ke Kabupaten Blitar, misalnya dari arah Kabupaten Malang, dari arah Tulungagung, maupun dari arah Kota Blitar. Semuanya saat ini masih belum ada peningkatan signifikan.

Ia mengatakan, Polres Blitar telah mendirikan pos pengamanan dan pos pelayanan menjelang Hari Raya Idul Fitri 2022. Misalnya di Pos Pengamanan Selorejo, kemudian pos pelayanan dan pengamanan di depan Kantor Pemkab Kanigoro, Kabupaten Blitar.

"Pos Selorejo itu untuk pengamanan di daerah timur. Di sana bisa untuk membantu masyarakat apabila terjadi kemacetan karena Selorejo kan daerahnya banyak tikungan," kata dia.

Baca juga: BPBD Jatim dirikan pos pantau protokol kesehatan di jalur mudik
Baca juga: Irwasum Polri memantau jalur mudik Lebaran 2022 di Tol Ngawi
​​​​
Selain itu, ada juga pos di Kecamatan Kanigoro, dan beberapa lokasi lainnya. Seluruh pos itu untuk pengamanan menjelang Hari Raya Idul Fitri 2022.

Polres Blitar juga memfasilitasi vaksinasi COVID-19 di Pos Selorejo dan Pos Pelayanan Kanigoro. Polres juga tetap mengimbau masyarakat untuk menjaga protokol kesehatan dengan selalu mengenakan masker, rajin mencuci tangan, serta menjaga jarak.

Sementara itu, selama pengamanan Hari Raya Idul Fitri 2022, Polres Blitar menerjunkan 200 orang personel polisi. Jumlah itu masih ditambah dengan personel TNI, Dinas Perhubungan Kabupaten Blitar, Satpol PP Kabupaten Blitar, Pramuka, hingga medis.

Kapolres, kata dia, juga langsung meninjau lokasi pos pengamanan di Kabupaten Blitar. Kapolres Blitar AKBP Adhitya Panji Anom juga memastikan layanan di pos serta memantau arus mudik. Ia juga memberikan bingkisan kepada petugas yang berjaga. 

Baca juga: Gubernur Jatim berangkatkan 3.650 pemudik program "mudik gratis"
Baca juga: KAI: Tiket Jateng-Jatim sudah terjual hingga 95-99 persen

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022