Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo mengatakan Indonesia mengajak semua negara untuk menghormati kedaulatan negara lain, termasuk di tengah konflik Rusia dan Ukraina.

"Mengenai isu kawasan dan global, khususnya mengenai Ukraina, saya menekankan ajakan Indonesia agar semua negara menghormati kedaulatan dan integritas wilayah negara lain secara konsisten," kata Presiden di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat menerima kunjungan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dan berdiskusi terkait isu kawasan dan global. Terkait situasi konflik antara Rusia dan Ukraina, Jokowi menekankan Indonesia mengajak semua negara, termasuk Jepang, untuk konsisten menghormati kedaulatan dan integritas wilayah negara lain.

Baca juga: Presiden Jokowi: Indonesia ingin menyatukan G20

Menurut Jokowi, perang antara Rusia dan Ukraina harus segera dihentikan. Indonesia dan Jepang sepakat untuk menciptakan situasi kondusif agar perundingan dan solusi damai dapat segera tercapai.

"Sejauh ini, saya telah melakukan pembicaraan dengan sejumlah kepala negara atau kepala pemerintahan negara lain. Sekali lagi, perang harus segera dihentikan dan solusi damai harus segera dicapai," tegasnya.

Presiden Jokowi menegaskan dunia harus bekerja sama untuk mengatasi dampak perang, baik di sektor kemanusiaan maupun perekonomian.

"Presidensi Indonesia di G20 akan kami manfaatkan sebagai katalisator penanganan kemanusiaan dan pemulihan ekonomi dunia," ujar Jokowi.

Baca juga: Presiden Jokowi: Rusia akan hadiri KTT G20 di Bali
Baca juga: Presiden Jokowi jelaskan alasan mengundang Presiden Ukraina ke G20

 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2022