Magelang (ANTARA) - Jumlah pengunjung Candi Borobudur pada libur cuti bersama hari pertama menjelang Lebaran 2022, Jumat, telah mengalami peningkatan, tetapi belum signifikan.

General Manajer Taman Wisata Candi Borobudur Aryono Hendro Malyanto di Magelang, Jawa Tengah, menyebutkan sebelum libur cuti bersama Kamis (28/4) jumlah pengunjung sebanyak 1.200 orang, dan hari ini jumlah pengunjung 1.400an.

"Sudah ada peningkatan jumlah pengunjung, tetapi belum signifikan. Kalau sebelum pandemi menjelang Lebaran seperti ini paling tidak jumlah pengunjung mencapai 5.000 per hari," katanya.

Baca juga: Borobudur tak targetkan jumlah pengunjung libur Lebaran

Aryono menyampaikan pihaknya telah mempersiapkan diri untuk menyambut peningkatan pengunjung karena dari pemerintah sudah membuka kelonggaran bagi warga untuk melakukan tradisi mudik Lebaran.

"Seperti diketahui bersama beberapa masyarakat sudah melakukan perjalanan mudik ke Jawa Tengah maupun Jawa Timur dan destinasi wisata Borobudur yang posisinya di Jateng ini sudah mempersiapkan diri sebaik-baiknya," katanya.

Namun demikian, pihaknya tidak mentargetkan jumlah kunjungan wisata pada libur Lebaran 2022.

"Target kami adalah pelayanan sebaik-baiknya kepada para wisatawan agar bisa berwisata tetapi tetap menjaga protokol kesehatan guna menghindari terjadinya peningkatan kasus COVID-19," katanya.

Baca juga: Wapres jalan santai di kawasan Candi Borobudur

Aryono optimis pada libur Lebaran, khususnya setelah shalat Idul Fitri pengunjung akan meningkat.

"Harapan kami para pemudik bisa berkunjung ke destinasi, terutama di Borobudur ini," katanya.

Ia memprediksi puncak kunjungan wisatawan ke Candi Buddha terbesar di dunia ini pada hari ketiga Lebaran 2022.
***1***

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022