Cirebon (ANTARA) - Satlantas Polres Cirebon Kota, Jawa Barat, masih mengalihkan kendaraan dari arah Jawa Tengah yang akan menuju ke Jakarta, ke jalur alternatif Indramayu.

"Kami melakukan pengalihan kendaraan dari Jawa Tengah ke arah Gunungjati, dan menuju Indramayu," kata Kasatlantas Polres Cirebon AKP Triyono Raharja di Cirebon, Jumat.

Baca juga: Polres Cirebon alihkan arus kendaraan dari arah Jateng akibat padat

Menurutnya, saat ini jalur Pantura Cirebon masih dipadati kendaraan dari arah Jawa Tengah yang menuju ke Jakarta, dikarenakan pemberlakuan satu arah di jalan tol.

Sehingga, lanjut Triyono, kendaraan memadati jalur Pantura. Untuk itu, ketika sudah terjadi kepadatan, maka petugas yang berjaga mengalihkan arus kendaraan ke jalur alternatif.

Baca juga: 1.085 kendaraan dari Jateng tujuan Jakarta diminta putar balik

Ia mengatakan, beban jalan Pantura memang cukup berat, mengingat dari arah Jakarta ke Jawa Tengah didominasi kendaraan roda dua.

"Sedangkan dari arah Jawa Tengah ke Jakarta didominasi roda empat. Maka kita alihkan ke jalur alternatif," tuturnya.

Baca juga: Arus kendaraan di perbatasan Bantul mayoritas dari Jateng-Jabar

Triyono menambahkan, jalur alternatif dari Gunungjati ke Indramayu, memang terdapat pasar tradisional yang bisa menyebabkan kemacetan.

Untuk itu, pihaknya telah berupaya dengan menempatkan personel agar dapat membantu mengurai kepadatan, agar kendaraan tidak macet.

"Kita sudah mengantisipasi kondisi seperti saat ini, untuk itu kami dirikan pos pam di sekitar lokasi menjadi titik kemacetan," katanya. ***3***

Baca juga: Arus balik kendaraan dari Jateng belum usai

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2022