untuk meringankan beban  bagi warga yang ingin pulang
Jakarta (ANTARA) - Komunitas Warung Tegal (Kowarteg) Indonesia memberangkatkan sekitar 300 warga di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, serta Banten untuk mudik gratis menuju Tegal dan Purworejo Jawa Tengah.

Koordinator Kowarteg Indonesia, Nuhrozi mengatakan mudik gratis tersebut untuk meringankan beban  bagi warga yang ingin pulang dan merayakan lebaran di kampung halaman.

"Agar warga bisa menikmati kumpul bersama keluarga merayakan lebaran di kampung halaman," kata Nuhrozi melalui keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Kowarteg Indonesia menyediakan enam bus terdiri dari lima unit tujuan Jakarta-Tegal, dan satu unit tujuan Jakarta-Purwokerto.

Nuhrozi mengungkapkan mudik gratis tersebut juga difasilitasi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk memudahkan warga Tegal dan komunitas Warteg mudik gratis dari Jakarta.

Pada kesempatan itu, Kowarteg Indonesia menyampaikan dukungan kepada Ganjar untuk bersaing pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Nuhrozi menilai Ganjar memiliki kemampuan yang sudah teruji karena memimpin Jateng selama dua periode dengan segala permasalahan yang dihadapi.

"Ceritanya kita ngumpul-ngumpul nih, kalo di warteg itu terbiasa yang namanya masakan kan berbagai rupa, dan setelah dimasak siap disediakan. Nah kami berpikir pak Ganjar itu bagi kami itu ya pemimpin yang sudah teruji dan siap saji seperti masakan warteg, semoga nanti jadi RI 1," ucap Nuhrozi.

Lebih lanjut, Nuhrozi akan menyosialisasikan figur Ganjar Pranowo kepada Warga Tegal maupun pemilik warteg di seluruh Indonesia melalui pertemuan silaturahmi secara rutin.

Sementara itu, salah satu pemilik warteg Alpiah menyatakan program mudik gratis tersebut menjadi ajang pertemuan dengan komunitas warteg lain di Jabodetabek dan Banten.

Alpiah menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ganjar yang turut membantu program mudik gratis tersebut.

Selain memfasilitasi mudik gratis, Kowarteg Indonesia juga membagikan bantuan kebutuhan pokok, tumbler, dan tempat tisu.
Baca juga: Polri antisipasi pergerakan211.809 kendaraan yang tinggalkan Jakarta
Baca juga: Polisi terapkan "contraflow" di Tol Jakarta-Cikampek KM 47-KM 70
Baca juga: Pemudik minta pemerintah perhatikan arus kendaraan ke arah Jakarta

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022