Kabupaten Bogor masih menjadi magnet bagi wisatawan, khususnya dalam menghabiskan waktu libur Lebaran.
Kabupaten Bogor (ANTARA) - Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto meminta aparat gabungan TNI/Polri dan Pemkab Bogor, Jawa Barat, mengantisipasi kemacetan lalu lintas di jalur menuju objek wisata selama libur Lebaran.

"Seperti hari ini, kami turun langsung bersama Pak Wabup, Kapolres, dan Dandim meninjau jalur mudik dan jalur wisata," kata Rudy Susmanto di Pos Pelayanan Terpadu Jalur Puncak, Simpang Gadog, Jumat.

Hal itu mengingat, kata dia, Kabupaten Bogor masih menjadi magnet bagi wisatawan, khususnya dalam menghabiskan waktu libur Lebaran. Dengan demikian, sampai 9 Mei 2022 atau masa cuti bersama, pihaknya akan intens turun ke lapangan untuk memastikan semua aman dan lancar​​.​​​​​

Rudy juga memastikan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bogor akan terus berkoordinasi, terutama dalam mengamankan Idulfitri 1443 Hijriah agar dapat memberi rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.

Secara khusus, dia mengapresiasi kinerja Kapolres dan Dandim Bogor yang bekerja maksimal bersama jajaran untuk menyukseskan Operasi Ketupat Lodaya 2022. Ada 20 pospam dan pos pelayanan yang dibangun pemkab setempat untuk mengamankan jalur mudik dan wisata di daerah ini.

"Kami ucapkan terima kasih dan selamat bertugas kepada aparat yang bertugas. Jaga kesehatan, komunikasi, serta koordinasi agar tugas dapat diselesaikan dengan baik," ujarnya.

Rudy juga mengajak masyarakat turut berpartisipasi dengan mematuhi segala imbauan dan aturan, terutama dalam berlalu lintas.

Menurut Rudy, kepatuhan masyarakat dalam mengikuti imbauan dan aturan petugas akan sangat membantu melancarkan jalannya Operasi Ketupat Lodaya 2022. Dengan demikian, potensi kecelakaan dan kemacetan lalu lintas pada arus mudik dan liburan Lebaran dapat diminimalisasi.

"Kita harus menghargai petugas yang sudah merelakan waktunya pada hari libur Lebaran untuk memberikan pelayanan kepada kita. Ikuti imbauan dan aturan yang diberlakukan," imbaunya.

Baca juga: Polres Bogor antisipasi lonjakan wisata Puncak

Baca juga: Pengamat perkirakan setengah juta orang padati Kawasan Puncak per hari

Pewarta: M. Fikri Setiawan
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022