Jakarta (ANTARA News)- Jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Jakarta diprediksi naik sekitar 5 hingga 10 persen sepanjang November 2011.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta, Arie Budhiman di Jakarta, Jumat mengatakan, peningkatan kunjungan wisman itu dipengaruhi penyelenggaraan SEA Games ke XXVI yang berlangsung di Jakarta dan Palembang.

"Tren kenaikan wisman akan terus terjadi hingga akhir tahun 2011 dikarenakan adanya berbagai acara terkait Natal dan tahun baru 2012," katanya.

Pihaknya berharap akan terjadi peningkatan wisman antara 5 hingga 10 persen, terutama dari kontingen maupun suporter dari masing-masing negara peserta SEA Games.

"Kami pastikan akan terjadi peningkatan kunjungan wisman ke sejumlah tempat wisata di ibukota. Kami berharap peningkatannya bisa mencapai 10 persen dari jumlah kunjungan wisman pada bulan September 2011," ujarnya.

Ia mengungkapkan, data Badan Pusat Statistik (BPS) DKI, jumlah kunjungan wisman ke DKI Jakarta sepanjang September 2011 mencapai 147.999 kunjungan.

"Kami memprediksikan pertambahan jumlah kunjungan wisman selama November 2011 mencapai 162.798 kunjungan," ungkapnya.

Sementara Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta, Agus Suherman menegaskan, apabila Disparbud DKI menyusun berbagai agenda wisata yang menarik bersamaan selama SEA Games berlangsung, maka dipastikan akan meningkatkan minat wisman untuk berkunjung ke sejumlah lokasi wisata.

"Saya melihat Dinas Pariwisata dan Kebudayaan telah berupaya keras mengadakan berbagai acara wisata di Jakarta. Hal itu terbukti terjadi peningkatan kunjungan wisata selama bulan September 2011 di tiga pintu masuk utama," ujarnya.

Melihat pengalaman tahun-tahun lalu, Agus memprediksikan jumlah kunjungan wisman selama November dan Desember juga akan mengalami peningkatan. Mengingat adanya SEA Games serta berbagai acara menarik yang digelar tempat hiburan, wisata dan hotel dalam merayakan Natal dan malam pergantian tahun baru 2012.

Namun, dia menyatakan, pihaknya belum bisa menentukan besaran persentase kenaikan kunjungan wisman selama November dan Desember 2011.

"Sebab, kami menentukan kenaikan berdasarkan data dan fakta yang ada. Tidak bisa menduga-duga angkanya," tuturnya.

Dirincikannya, jumlah kunjungan wisman ke Jakarta melalaui pintu masuk Soekarno-Hatta, Halim Perdanakusumah dan Pelabuhan Tanjungpriok selama September 2011 mencapai 147.999 kunjungan.

Angka ini meningkat 18,47 persen dibandingkan kunjungan wisman Agustus 2011 yang berjumlah 147.999 kunjungan.

Demikian pula jika dibandingkan dengan kunjungan wisman pada bulan yang sama tahun sebelumnya, jumlah kunjungan wisman September 2011 juga lebih tinggi sebesar 34,31 persen.
(ANT-306/S025)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011