Dengan demikian, berarti semua tiket KM Kelud ludes terjual
Medan (ANTARA) - Kapal Motor (KM) Kelud, yang membawa 2.607 pemudik tiba di Pelabuhan Bandar Deli Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara, dari Batam, Kepulauan Riau, pada Jumat atau H-3 Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Total penumpang yang dibawa ada 2.607 orang dari kapasitas 2.607 seat (kursi) tersedia," kata Kepala PT Pelni (Persero) Cabang Medan Agus Nugroho di Medan, Sumut, Jumat.

Dengan demikian, lanjut dia, berarti semua tiket KM Kelud ludes terjual pada H-3 Lebaran  yang diprediksi merupakan puncak arus mudik.

Kapal yang memiliki tinggi 32 meter dan panjang 22 meter ini selanjutnya berangkat dari dermaga Pelabuhan Bandar Deli Belawan menuju Pelabuhan Sekupang Batam membawa 801 penumpang.

Operasional KM Kelud lazimnya melayani rute pelayaran dari Pelabuhan Belawan-Tanjung Balai Karimun-Batam-Tanjung Priok pergi pulang.

"Hari ini merupakan puncak mudik, dan Minggu nanti. Jumlah penumpang pun kita prediksi tiga kali lipat dari normal biasanya 800 orang, seperti hari ini ada 2.607 penumpang," terang Agus.

Dewi Susanti (35), pemudik dari Batam mengaku bersyukur karena pemerintah membolehkan mudik ke kampung halaman untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah bersama keluarga.

"Alhamdulillah, tahun ini sudah boleh mudik. Jadi kemarin saya naik dari Batam untuk pulang ke Medan, meski tetap mengenakan prokes (protokol kesehatan)," katanya.

"Saya bersyukur sekali bisa Idul Fitri sama keluarga, saudara-saudara, karena udah dua tahun juga enggak bisa kumpul akibat pandemi COVID-19," papar Dewi.

Baca juga: Penumpang di Bandara Kualanamu capai 17.451 penumpang
Baca juga: Wali Kota: Ribuan warga mendaftar mudik gratis Pemkot Medan
Baca juga: Pelni siapkan KM Kelud jadi hotel terapung gratis di Mandalika

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022