Palu (ANTARA) - PT Vale Indonesia Tbk membantu penyediaan air bersih untuk warga Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) setelah bencana tahun 2018 lewat pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) di wilayah Watutela, Kelurahan Tondo.

Pembangunan IPA tersebut ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama pembangunan dan hibah IPA oleh Wakil Presiden Direktur PT Vale Indonesia Tbk, Adriansyah Chaniago dengan Gubernur Provinsi Sulteng Rusdy Mastura di kawasan pembangunan IPA di Palu, Jumat.

Wakil Presiden Direktur PT Vale Indonesia Tbk Adriansyah Chaniago mengatakan IPA tersebut memiliki kapasitas menyediakan air sebanyak 10 liter per detik dan dilengkapi reservoar bekapasitas 100.000 liter.

Baca juga: Kementerian PUPR bangun SPAM layani kebutuhan air di huntap Palu

"Ini sebagai bagian dari pemenuhan kebutuhan akan ketersediaan air bersih setelah bencana tahun 2018. Pembangunan dan hibah IPA senilai Rp4 miliar ini diharapkan dapat membantu pelayanan air bersih di wilayah sekitar IPA, yang salah satunya untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga terdampak bencana 2018 yang tinggal di hunian tetap,"katanya.

Ia menerangkan pembangunan IPA tersebut merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial atau corporate social responsibility (CSR)
pemberdayaan masyarakat PT Vale Indonesia Tbk yang menitikberatkan pada aspek keberlanjutan dan membawa manfaat lebih luas.

“Untuk itu kami mengharapkan dukungan dari semua pihak dalam mewujudkan komitmen perusahaan untuk turut andil dalam pembangunan yang berkelanjutan,"ujarnya.

Ke depan, kata Adriansyah, masih banyak tantangan yang dihadapi oleh warga terdampak bencana di Palu, dan pihaknya berupaya semaksimal mungkin dapat berkontribusi mengatasi tantangan-tantangan tersebut.

"Kami selalu yakin atas doa dan dukungan kita semua, PT Vale ke depan akan makin tumbuh dan dapat memberikan kontribusi untuk daerah dan pengembangan masyarakat di area terdampak bencana 2018," kata dia.

Gubernur Sulteng Rusdy Mastura dalam kesempatan itu berterima kasih atas komitmen PT Vale Indonesia Tbk membantu memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga terdampak bencana 2018, utamanya yang tinggal di area huntap di Kelurahan Tondo.

Baca juga: TNI-AL bantu kebutuhan air bersih warga korban banjir bandang Sigi

Baca juga: Ketersediaan air bersih di huntap Duyu Palu masih minim


“Terima kasih PT Vale senantiasa mendukung Pemerintah provinsi Sulteng, khususnya Pemerintah Kota Palu melalui program CSR dengan membantu masyarakat yang sangat membutuhkan air bersih,” katanya.

Rusdy menuturkan langkah PT Vale dalam memberikan bantuan air bersih diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat sekitar. terutama yang terdampak bencana 2018.

Sebab, sampai saat ini masih banyak warga di ibu kota Provinsi Sulteng tersebut yang belum menikmati air bersih. Oleh sebab itu, ke depan pemerintah daerah akan terus bersinergi dengan PT Vale untuk mengatasi persoalan itu.

"Apalagi, peluang memperoleh sumber air bersih di Kota Palu lewat pembangunan IPA masih banyak dan tentu akan dikembangkan, sehingga pemenuhan air bersih bisa tercapai,”kata Rusdy.

Pewarta: Muhammad Arshandi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022