Jakarta (ANTARA) - Juara US Open Emma Raducanu bangkit dari ketertinggalan 2-5 pada set pertama sebelum membukukan kemenangan 7-6(3) 6-0 atas Tereza Martincova dari Ceko dalam turnamen tenis Madrid Open di Madrid, Jumat waktu setempat.

Kemenangan itu membawa Raducanu
ke pertandingan babak kedua yang menarik dengan petenis sebayanya Marta Kostyuk yang berusia 19 tahun.

Memainkan turnamen tingkat tur keduanya di lapangan tanah liat, unggulan kesembilan asal Inggris itu mengonversi keempat peluang break point yang dia ciptakan dan menyelamatkan enam dari tujuh break point pada servisnya sendiri dalam perjalanannya menuju kemenangan di menit ke-96. Ini kesuksesan keduanya atas Martincova dalam dua pekan terakhir.

"Saya benar-benar baru saja menyesuaikan diri dengan lapangan dan sekitarnya," kata Raducanu tentang set pembuka, dikutip dari AFP.

"Dia juga tampil dengan sangat baik, jadi saya benar-benar merasa sedikit seperti saya harus berusaha keras di sini. Saya sangat bangga dengan cara saya berhasil memanfaatkan apa yang saya miliki pada hari ini, dan kemudian tentunya saya sudah terbiasa di set kedua."

Naomi Osaka melewati ujian lapangan tanah liat pertamanya musim ini dengan gemilang, menghentikan sembilan kemenangan beruntun Anastasia Potapova dengan kemenangan mulus 6-3 6-1 untuk mencapai babak kedua.

Mantan petenis nomor satu dunia, yang masuk ke turnamen melalui wildcard, itu hanya membutuhkan 61 menit untuk melewati petenis Rusia Potapova, yang mengejar gelar di Istanbul pekan lalu dan memenangi sembilan pertandingan berturut-turut di lapangan tanah liat sebelum pertandingan mereka.

"Saya tidak akan mengatakan itu pertandingan yang mudah, saya merasa seperti saya hanya menyesuaikan sedikit. Sangat menyenangkan bisa bermain di tanah liat lagi," kata Osaka.

Dia selanjutnya menghadapi favorit tuan rumah Sara Sorribes Tormo atau runner-up Roland Garros tahun lalu Anastasia Pavlyuchenkova.

Sebelumya pada hari itu, mantan juara US Open Bianca Andreescu mencatat kemenangan 6-4 3-6 6-0 atas petenis Amerika Alison Riske.

"Saya harus mengatakan bahwa dibandingkan tahun lalu, tahun ini jauh, jauh lebih baik. Saya dikarantina tahun lalu karena saya tertular Covid, jadi berada di sini khususnya bermain turnamen tahun ini luar biasa," kata Andreescu, yang akan bertemu finalis Australian Open Danielle Collins di babak kedua.

Unggulan keempat Maria Sakkari selamat dari duel sulit selama dua jam 30 menit dengan petenis Amerika Madison Keys, menyelamatkan lima dari tujuh break point dalam perjalanan menuju hasil 6-7(10) 6-3 6-4.

"Jelas Madi adalah petenis dengan pukulan yang baik, saya pikir kondisi di sini cocok untuknya," kata Sakkari.

"Ketika saya melihat drawing, saya seperti, 'F***, itu babak pertama'. Ada banyak babak pertama yang sulit di sini."

"Saya hanya mempercayai permainan saya, set pertama kami tidak bisa saling mematahkan sehingga cukup seimbang. Saya tidak beruntung dalam beberapa momen di tiebreak. Tapi secara keseluruhan saya pikir itu adalah pertandingan yang sangat positif untuk membuat diri saya kembali merasa menang."


Baca juga: Swiatek mundur dari Madrid Open karena cedera bahu
Baca juga: Murray batal lewatkan tanah liat bersiap ikuti Madrid Open
Baca juga: Djokovic berencana ikuti Madrid dan Italian Open jelang French Open

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022