Jakarta (ANTARA) - Empat wilayah Provinsi DKI Jakarta berpotensi hujan pada Sabtu siang, demikian prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang disampaikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta.

"Waspada potensi hujan disertai kilat/ petir di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada siang hingga sore hari," bunyi peringatan dini BMKG yang disampaikan BPBD DKI Jakarta lewat akun Twitter resminya di Jakarta.

BMKG juga menyampaikan bahwa Jakarta Barat dan Jakarta Pusat berpotensi dilanda hujan dengan intensitas ringan di siang hari.

Menurut prakirawan cuaca BMKG Tomi Ilham Reza Pahlewi, wilayah kecamatan di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur memiliki suhu udara berkisar 23-29 derajat Celsius dan kelembaban udara rata-rata 75-100 persen.

Baca juga: Jakarta diprakirakan hujan ringan Sabtu pagi hingga malam

Adapun sejumlah wilayah berpotensi hujan dengan intensitas sedang antara lain Jagakarsa dan Pasar Minggu (Jakarta Selatan) pada pukul 10.00 WIB.

Selanjutnya, Cipayung, Ciracas, Kramat Jati dan Pasar Rebo (Jakarta Timur) juga berpotensi dilanda hujan dengan intensitas sedang pada pukul 10.00 WIB.

Selain itu, wilayah lainnya di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur berpotensi mengalami hujan ringan antara pukul 07.00-16.00 WIB.

Di Jakarta Barat, suhu udara berkisar antara 23-29 derajat Celsius dan kelembaban udara 75-100 persen di Kecamatan Kembangan dan Palmerah.

Baca juga: Sebagian Jakarta diprakirakan diguyur hujan pada Jumat siang

Dua kecamatan tersebut berpotensi mengalami hujan dengan intensitas ringan pada Sabtu dari pukul 10.00 WIB sampai Minggu dinihari pukul 04.00 WIB.

Di Jakarta Pusat, suhu udara berkisar antara 23-29 derajat Celsius dengan kelembaban udara antara 75-100 persen ada di Kecamatan Tanah Abang. Wilayah kecamatan tersebut juga berpotensi mengalami hujan dengan intensitas ringan pada Sabtu dari pukul 10.00 WIB sampai Minggu dinihari pukul 04.00 WIB.

Kemudian suhu dan kelembaban udara di wilayah Jakarta Utara, BPBD DKI meneruskan informasi dari BMKG, cuaca siang hari berpotensi berawan, namun malam hari diperkirakan hujan ringan. Adapun suhu udara di wilayah tersebut antara 25-28 derajat Celsius, dengan kelembaban udara 80-95 persen.

Terakhir, BMKG memprakirakan Kabupaten Kepulauan Seribu berpotensi cuaca berawan di siang hingga malam hari. Suhu udara antara 25-27 derajat Celsius dan kelembaban udara 85-95 persen.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022