Saya sangat tersanjung menerima penghargaan ini. Atas nama rakyat Indonesia saya menerima penghargaan ini"
Nusa Dua  (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatasnamakan penghargaan "Global Champion of Disaster Risk Reduction" dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang diserahkan Sekjen PBB Ban Ki-moon hari ini untuk rakyat Indonesia dan mereka yang bekerja keras pada setiap tragedi di Indonesia.

"Saya sangat tersanjung menerima penghargaan ini. Atas nama rakyat Indonesia saya menerima penghargaan ini," ujar Presiden pada acara penyerahan penghargaan untuk pengurangan risiko bencana oleh Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-Moon di Bali International Convention Center (BICC), Nusa Dua, Sabtu.

Presiden menyebut penghargaan ini untuk seluruh warga Indonesia yang berupaya keras menyelamatkan nyawa saudara-saudara mereka dalam setiap bencana alam di Indonesia, serta mereka yang giat bekerja membangun kembali wilayah yang rusak tertimpa bencana.

Kepala Negara menegaskan Indonesia akan terus bekerja memperkecil dampak bencana dan akan terus mengembangkan kebijakan yang  mengurangi dampak bencana.

Indonesia, lanjut dia, terus berupaya berbuat yang terbaik dan berharap bisa terus bekerjasama dengan PBB.

Sedangkan Ban Ki-Moon menyatakan Presiden Yudhoyono dipilih PBB untuk menerima penghargaan tersebut karena kepemimpinannya yang luar biasa.

Penghargaan ini sendiri telah diumumkan Mei 2011 dan sedianya diserahkan kepada Yudhoyono di Jenewa, Swiss, pada 10 Mei 2011, namun, saat itu sibuk memimpin KTT ke-18 ASEAN di Jakarta. Dia lalu mengutus Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Maarif untuk menerima penghargaan ini.(*)

D013/R007

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011