Jadi kita tetap menyediakan bus bantuan yang mana itu disediakan oleh perusahaan otobus
Jakarta (ANTARA) - Kepala Terminal Bus Kalideres Revi Zulkarnain mengatakan bahwa puncak arus mudik di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, terjadi pada H-3 atau Jumat (29/4) dengan memberangkatkan 4.172 penumpang menggunakan 253 bus ditambah 39 bus tambahan.

"Puncak arus mudik di Terminal Kalideres dari data sementara itu Jumat 29 April 2022," kata Revi kepada Antara di Jakarta, Sabtu.

Dari seluruh keberangkatan tersebut, mayoritas tujuan bus yang berangkat adalah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Revi menyampaikan sempat terjadi penumpukan penumpang pada Jumat (29/4) mulai pukul 10.00 WIB. Hal itu terjadi karena antusiasme masyarakat yang tinggi untuk mudik tahun ini, sehingga kebanyakan penumpang datang lebih awal dari jam keberangkatan bus.

"Untuk itu, kami langsung arahkan untuk bus bantuan sebanyak 39 bus. Sehingga pada pukul 16.00 WIB itu kendaraan kembali normal, penumpang juga demikian," ujar Revi.

Revi menambahkan Terminal Kalideres bekerja sama dengan perusahaan otobus (PO) tetap mempersiapkan bus tambahan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang selama arus mudik tahun ini.

"Jadi kita tetap menyediakan bus bantuan yang mana itu disediakan oleh perusahaan otobus, yang mana bus itu kita periksa dulu kelayakannya," ujar Revi.

Pemeriksaan dan pengujian kelaikan bus dilakukan oleh tim pengecekan kendaraan (ramp check) dari Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek.

"Kami pastikan bus yang berangkat dari Terminal Kalideres laik jalan sehingga penumpang yang diangkut bisa selamat sampai tujuan," ujar Revi.

Terminal Kalideres memberangkatkan bus dengan tujuan Sumatera yaitu Lampung, Palembang, Padang, Medan, Bengkulu, Aceh, Pekanbaru. Selain itu, tujuan ke Jawa yakni menuju Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur. Kemudian terdapat pula bus tujuan Bali dan Nusa Tenggara Barat.

Baca juga: Anies soroti kepadatan pemudik karena bus yang telat tiba di terminal
Baca juga: Terminal Kalideres siapkan bus bantuan
Baca juga: Pemudik terbantu dengan fasilitas ruang laktasi di Terminal Kalideres


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022